Pengaruh kemandirian belajar (self regulated learning) terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar

  • Mayang Gadih Ranti STKIP PGRI Banjarmasin
  • Indah Budiarti STKIP PGRI Banjarmasin
  • Benny Nawa Trisna STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Kemandirian Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Berbagai faktor mempengaruhi hasil pencapaian suatu proses pembelajaran, baik secara internal maupun secara eksternal. Pentingnya mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran menjadi modal penting dalam menentukan langkah-langkah dan strategi yang diambil untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kemandirian dalam belajar berarti siswa memiliki kesadaran sendiri untuk belajar, mampu menentukan sendiri langkah-langkah yang harus diambil dalam belajar, mampu memperoleh sumber belajar sendiri, dan melakukan kegiatan evaluasi diri serta refleksi atas kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemandirian belajar (self regulated learning) terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar semester genap tahun akademik 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu angket dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji regresi linier sederhana setelah sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji linearitas. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mayang Gadih Ranti, STKIP PGRI Banjarmasin

Dosen Prodi Pendidikan Matematika

Indah Budiarti, STKIP PGRI Banjarmasin

Dosen Prodi Pendidikan Matematika

Benny Nawa Trisna, STKIP PGRI Banjarmasin

Dosen Prodi Pendidikan Matematika

References

Arikunto, suharsimi (2010). Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta

Herman, Hudojo. (1988). Mengajar belajar matematika. Jakarta: Depdikbud.

Kerlin, B. A.(1992). Cognitive Engagemant Style: Self-Regulated Learning and Cooperative Learning.

Russefendi, E. T. (1993). Pendidikan matematika 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudijono, A. (2015). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajawali Press.

Sugiyono. (2007). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumarmo, Utari. 2004. Keterampilan Membaca Matematika Pada Sekolah Menengah Atas. Diakses pada tanggal 10 April 2016 dari http://www.docstoc.com/docs/28240951/PEMBELAJARAN-KETERAMPILAN MEMBACA-MATEMATIKA

Sundayana, Rostina. (2013). Media Pembelajaran matematika untuk Guru, Calon Guru,Orang Tua, dan Para Pecinta Matematika. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta

Wardani. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka: Jakarta
Published
2018-07-26
How to Cite
Ranti, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2018). Pengaruh kemandirian belajar (self regulated learning) terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75-83. https://doi.org/10.33654/math.v3i1.57
Section
Research
Abstract viewed = 1232 times
PDF downloaded = 3960 times

Most read articles by the same author(s)