Frequently Asked Questions

Q: Apakah saat ini ada penerimaan naskah?

A: Math Didactic tidak membatasi kapan waktu submit naskah sehingga naskah dapat disubmit kapanpun.

Q: Kapan naskah saya diterbitkan? dan kapan saya dapat LoA?

A: Waktu yang diperlukan untuk proses penerbitan mulai dari submit lebih kurang 2 bulan, karena semua naskah setelah disubmit melalui pengecekan oleh editor mengenai kelayakan naskah tersebut untuk diproses (jika ada permintaan revisi berarti besar kemungkinan naskah dapat diproses), permintaan revisi awal oleh editor (biasanya terkait tingkat plagiasi, kesesuaian template, dan kualitas daftar pustaka), proses review (oleh dua orang reviewer), pengecekan plagiasi kembali, proses copyedit, dan akhirnya diterbitkan. Adapun LoA dikeluarkan jika naskah sudah masuk tahap copyedit (kecuali jalur fast track maka LoA dikeluarkan setelah masuk tahap review).

Q: Berapa biaya penerbitan satu naskah?

A: 500rb, dan ada opsi fast track dengan biaya tambahan 300rb di luar biaya standar tadi, lebih lengkapnya silakan baca Author(s) Fee.

Q: Apa bedanya fast track dengan non fast track?

A: Bedanya terletak pada kapan LoA dikeluarkan, untuk fast track paling lambat 1 bulan setelah submit sudah mendapat LoA (dengan catatan naskahnya memang diterima dan sudah membayar biaya publikasi) dan naskah yang melalui jalur fast track mendapat prioritas untuk mengikuti periode terbitan terdekat.

Q: Saat ini terbitan terdekat ada di bulan berapa?

A: Math Didactic menerbitkan artikel dalam tiga periode, yaitu Januari - April, Mei - Agustus, dan September - Desember. Artikel yang dianggap layak akan diterbitkan SEGERA setelah semua proses selesai tanpa menunggu bulan terakhir di tiap periode.

Q: Bagaimana caranya submit naskah?

A: Pastikan sudah membuat akun dan pastikan sudang centang Role menjadi Author, setelah login ada menu Submission di bagian kanan untuk submit naskah.

Q: Apa saja yang harus disiapkan sebelum submit naskah?

A: Pastikan naskah sudah sesuai dengan template ini dan sudah menyiapkan Surat Pernyataan Etika Publikasi sesuai format ini. Kami sangat menyarankan agar penulis juga melampirkan hasil pengecekan plagiasi mandiri melalui Turnitin atau Ithenticate agar naskah bisa diproses lebih cepat (meskipun ini sifatnya opsional).

Q: Apa pertimbangan awal agar naskah saya dianggap layak untuk diproses lebih lanjut?

A: Selain naskah sudah sesuai template, pastikan jumlah daftar pustaka minimal 20 dengan minimal 80% diantaranya berasal dari artikel jurnal terbitan 10 tahun terakhir, gunakan mendeley sebagai aplikasi manajemen kutipan serta daftar pustaka, dan terakhir pastikan bahwa naskah mengangkat tema yang memiliki kebaruan (khas, memiliki state of the art) dibandingkan dengan artikel yang sudah terbit sebelumnya.

Q: Kenapa naskah saya prosesnya lama?

A: Karena proses publikasi naskah ini melibatkan banyak pihak, selain editor ada reviewer yang biasanya perlu waktu dua sampai empat minggu untuk menyelesaikan proses review, ini tidak termasuk reviewer yang berhalangan atau tidak memberikan respon sampai batas waktu yang diberikan maka memerlukan waktu tambahan lagi untuk mengganti ke reviewer lain yang bersedia. Meskipun begitu, kami selalu berusaha untuk memberikan layanan terbaik dalam waktu secepatnya.

Q: Ini kenapa di status naskah saya ada keterangan Review Overdue?

A: Artinya reviewer belum memberikan respon atau menyelesaikan proses review sampai batas waktu yang diberikan habis, jika ini terjadi silakan hubungi saya melalui chat WA di 082255002263 agar saya bisa menghubungi reviewer yang bersangkutan untuk konfirmasi.

Q: Saya tidak yakin apakah naskah saya layak untuk diproses, apa yang sebaiknya saya lakukan?

A: Silakan hubungi saya via WA dan kirimkan minimal judul dan abstrak naskah yang ingin disubmit agar nanti para editor pertimbangkan mengenai kelayakan naskah tersebut untuk diproses kemudian silakan tunggu selama satu sampai dua hari mengenai keputusannya.

Q: Jika saya submit bulan ini, kapan kira-kira naskah saya diterbitkan?

A: Jika dianggap layak, biasanya naskah akan terbit sekitar 2 bulan setelah submit. Misalkan naskah disubmit bulan Juli maka kemungkinan akan diterbitkan pada bulan September yang artinya ikut periode terbitan September - Desember. Adapun untuk jalur fast track, biasanya naskah akan terbit sekitar 1 bulan setelah submit.

Q: Apakah ada jadwal khusus untuk penerimaan naskah jalur fast track?

A: Kami membatasi naskah yang mengambil jalur fast track paling lambat di bulan kedua tiap periode terbitan jika ingin ikut pada periode tersebut. Misalkan untuk periode Januari - April maka jalur fast track dibuka sampai akhir Februari saja, begitu pula untuk periode terbitan lainnya. Hal ini karena pada bulan ketiga dan keempat kami akan fokus untuk memproses naskah yang sudah disubmit sebelumnya agar dapat terbit paling lambat di bulan keempat tiap periode.

Q: Berapa jumlah artikel yang diterbitkan tiap periode?

A: Berkisar antara 10 sampai 15 artikel tergantung kualitasnya.

Q: Apakah semua naskah yang disubmit pasti diterima?

A: Semua naskah akan melalui proses seleksi kelayakan oleh editor dan reviewer sehingga jika naskah memang tidak layak diproses maka akan kami tolak.

Q: Kapan paling lambat saya harus submit naskah jika ingin ikut terbitan periode ini?

A: untuk jaluar biasa, paling lambat submit di akhir bulan pertama tiap periode. Adapun fast track paling lambat submit di akhir bulan kedua tiap periode.

Q: Jika saya ingin ambil jalur fast track, bagaimana alurnya?

A: Pastikan melakukan konfirmasi melalui chat WA ke saya setelah submit dengan menyebutkan ID naskahnya.

Q: Kapan saya harus melakukan pembayaran?

A: Biaya publikasi akan ditagihkan ketika naskah sudah memasuki tahap copyedit dan LoA dikeluarkan, sedangkan jika jalur fast track maka diharuskan melakukan pembayaran setelah naskah masuk tahap review dan sebelum LoA dikeluarkan.

Q: Kemana saya harus membayar biaya tersebut?

A: Biaya penerbitan artikel dapat ditransfer ke nomor rekening bendahara Math Didactic di 0668000692 (BNI) atas nama Winda Agustina. Pastikan bukti pembayarannya dikirimkan melalui surel ke [email protected] dan cc ke [email protected]. Harap perhatikan bahwa penulis hanya boleh melakukan pembayaran jika sudah dikonfirmasi oleh kami via web atau chat WA di nomor yang tertera sebelumnya.

Q: Kenapa artikel saya belum muncul padahal sudah dikonfirmasi bahwa artikel tersebut sudah terbit?

A: Silakan cek menu Arsip dan buka periode terbitan yang sesuai.

Q: Apa yang bisa saya lakukan agar naskah saya dapat diproses lebih cepat?

A: Selain submit naskah dengan melampirkan Surat Pernyataan Etika dan hasil cek plagasi mandiri, pastikan penulis rutin melakukan pengecekan proses naskahnya dengan cara login sehingga jika ada permintaan revisi dapat langsung terlihat dan direvisi oleh penulis.