Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pada mata kuliah kalkulus diferensial

  • Mayang Gadih Ranti STKIP PGRI Banjarmasin
  • Indah Budiarti STKIP PGRI Banjarmasin
Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Kalkulus Diferensial, Masalah Maksimum-Minimum

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP PGRI Banjarmasin pada mata kuliah kalkulus diferensial tahun akademik 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika yang mengambil mata kuliah Kalkulus Diferensial pada semester ganjil tahun akademik 2017/2018 yang berjumlah 21orang. Peneltian ini merupakan Penelitian Sampel Total. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Instrumen Penelitian yang digunakan adalah Tes Kemampuan Pemecahan Masalah pada mata kuliah kalkulus diferensial pada materi masalah maksimum-minimum. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan rata-rata dan persentase. Hasil Penelitian menunjukkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa pada mata kuliah kalkulus diferensial berada pada kualifikasi Cukup.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Prodi Pendidikan Matematika

##submission.authorWithAffiliation##

Prodi Pendidikan Matematika

Referensi

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Branca, N. A. (1980). Problem Solving as a Goal, Process, and Basic Skill. In Problem Solving in School Mathematics: 1980 Yearbook edited by S. Krulik & R. E. Eyes. Reston, VA. National Council of Teachers Matematics.

Jonnasen, D. H. (2004). Learning to Solve Problems, An Instructional Design Guide. Jhon Wiley & Sons.

Lee, C. (2006). Language for Learning Mathematics, Assesment for Learning in Practice. New York : Open University Press.

Mustangin. (2015). Representasi Konsep dan Peranannya dalam Pembelejaran Matematika di Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM). 1 (1), 15-22. (online). Diakses dari http://riset.unisma.ac.id/index.php/jpm/article/view/405

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA. National Council of Teachers Matematics.

Polya, G. (1985). How to Solve it: A New Aspect of Mathematics Method (2nd ed). New Jersey: Princeton University Press.

Russeffendi, ET. (1991). Pengantar Matematika Modern dan Masa Kini untuk Guru dan PGSD D2 Seri Kelima . Bandung: Tarsito

Soleh, Muhammad. (1998). Pokok-pokok Pengajaran Matematika di Sekolah. Jakarta: Pusat Perbukuan, Depdikbud

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Yulia R, dkk. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Mengerjakan Soal Matematika di kelas V SDN 37 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Nasar FKIP Unsyiah. 2 (1), 124-131. (online). Diakses dari http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/2540
Diterbitkan
2018-07-27
Bagian
Research
Abstrak viewed = 778 times
PDF downloaded = 1030 times