Mengembangkan self-efficacy matematika melalui pembelajaran pendekatan matematika realistik pada siswa kelas VII D SMP Negeri 27 Banjarmasin tahun pelajaran 2016-2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui self-efficacy siswa terhadap matematika sebelum dan sesudah pembelajaran melalui Pendekatan Matematika Realistik. (2) Mengetahui perkembangan self-efficacy siswa terhadap matematika sebelum dan sesudah pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik. Jenis penelitian ekperimen dengan desain penelitian one group pretest and posttes design, dengan populasi siswa kelas VII SMP Negeri 27 Banjarmasin tahun peajaran 2016/2017. sampel penelitian dipilih dengan teknik purpossive sampling, sebanyak 30 orang siswa di kelas VII D. Teknis analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif dan data analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan self-efficacy siswa terhadap matematika sebelum perlakuan dengan persentase kategori rendah 40%, kategori sedang 47%, dan 13% termasuk kategori tinggi. Sedangkan self-efficacy siswa terhadap matematika setelah pembelajaran melalui PMR, diperoleh persentase self-efficacy siswa terhadap matematika 3% yang termasuk kategori rendah, 73% untuk kategori sedang, dan 23% untuk kategori tinggi. Melalui uji Wilcoxon pada taraf signifikan 5% memperlihatkan nilai Sig. Sebesar 0,000 lebih kecil dari = 0,005. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perkembangan self-efficacy siswa terhadap matematika melalui Pendekatan Matematika Realistik lebih baik dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Sebagai implikasi dari hasil penelitian ini sebagai alternatif untuk mengembangkan self-efficacy siswa terhadap matematika hendaknya guru menggunakan model pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik.
Downloads
References
Bandura, A. 1998. Social Learning Theory. New York: General Learning Press.
[Online].Tersedia: http://www.learningtheories.com/social-learning-theory-bandura-html. Diunduh 29 Maret 2017.
Bandura, A. 1986. Self-efficacy. [Online] Tersedia: http://www.des.emory.edumfp/banEncy:html. Diunduh 24 Maret 2016.
Eka dan Ridwan. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Faturrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.
Ghufron M. Nur dan Risnawati Rini S. 2010. Teori-Teori Psikologi.Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.
Hendriana dan Sumarno. 2014. Penilaian Pembelajran Matematika. Cimahi: PT Refika Aditama.
Hudojo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: P2LPTK.
Laili, Lutfia Nur (2015). Meningkatkan Self-Efficay Pelajaran Matematika Menggunakan Layanan Penguasaan Konten Dengan Tenik Modeling Simbolik. Undergruadate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. http://digilip.uin.ac.id/2474/ pdf diakses 24 November 2016.
Lestyanto, T. (2012). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pati. Jurnal Pendidikan Nomor 2.
Muchid Abdul. 2009. Self-Eficacy Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya terhadap Pendidikan. Tadrîs. Volume 4. Nomor 1. 2009.
Moma La. 2014. Self-Efficacy Matematik Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 3, Nomor 2, Mei 2014.
Nursilawati. 2010. Hubungan slef-efficacy matematika dengan kecemasan menghadapi pelajaran matematika, UIN Syarif Hidayatullah. diakses http://repostory.uinjkt.ac.id pada 30 November 2016.
Siegle, Del, and D. Betsy McCoach. "Increasing Student Mathematics Self Efficacy Through Teacher Training." Journal of Advance Academics Vol.18 No.2, 2007: 27.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)