Peningkatan hasil belajar siswa melalui blended learning pada materi trigonometri di kelas X Farmasi 1 SMK Negeri 1 Martapura tahun pelajaran 2016-2017

  • Ahmad Sairoji STKIP PGRI Banjarmasin
  • Dina Huriaty STKIP PGRI Banjarmasin
  • Mayang Gadih Ranti STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Blended Learning, Hasil Belajar, Trigonometri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas siswa dalam model pembelajaran koperatif tipe jigsaw dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui blended learning pada materi trigonometri di kelas X Farmasi 1 SMK Negeri 1 Martapura tahun pelajaran 2016-2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas X Farmasi 1 SMK Negeri 1 Martapura tahun pelajaran 2016-2017, yang berjumlah 37 siswa yang terdiri atas 8 siswa laki-laki dan 29 siswa perempuan, sedangkan objek penelitian adalah aktivitas dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase, rata-rata, dan modus. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa berada pada kualifikasi sangat tinggi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dari kualifikasi baik menjadi sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ahmad Sairoji, STKIP PGRI Banjarmasin

Prodi Pendidikan Matematika

Dina Huriaty, STKIP PGRI Banjarmasin

Prodi Pendidikan Matematika

Mayang Gadih Ranti, STKIP PGRI Banjarmasin

Prodi Pendidikan Matematika

References

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Iskandar, Agung. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Bentari Buana Murni.

Kesuma, Ameliasari, T. 2013. Menyusun PTK itu Gampang. Jakarta: Erlangga.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2006. Kurikulum dan Pembelajaran. Kota: Kencana Predana Media Grup.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

Priansa, Donni Juni. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Usman, Moh. Uzer. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda Karya.
Published
2017-12-30
How to Cite
Sairoji, A., Huriaty, D., & Ranti, M. G. (2017). Peningkatan hasil belajar siswa melalui blended learning pada materi trigonometri di kelas X Farmasi 1 SMK Negeri 1 Martapura tahun pelajaran 2016-2017. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 145-154. https://doi.org/10.33654/math.v3i3.67
Section
Penelitian
Abstract viewed = 259 times
PDF downloaded = 224 times PDF downloaded = 0 times