Pengembangan perangkat pembelajaran pendidikan matematika realistik (PMR) berbasis ethnomathematics sebagai upaya mengembangkan kreativitas siswa
Abstract
Prinsip pembelajaran hendaknya diterapkan dengan adanya pengakuan atas perbedaan individual dan latar belakang budaya siswa. Ethnomathematics merupakan jembatan antara budaya dengan matematika. Melalui PMR (Pendidikan Matematika Realistik) yang berbasis ethnomathematics, siswa diharapkan dapat lebih mengembangkan kreativitasnya dengan memahami implementasi matematika sesuai dengan latar belakang budayanya, sehingga nilai budaya yang merupakan bagian dari karakter bangsa dapat tertanam sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah mengembangan perangkat pembelajaran matematika yang baik mengunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari beberapa tahap yaitu (1) Tahap investigasi awal, (2) Tahap perancangan, (3) Tahap realisasi, dan (4) Tahap tes, evaluasi, dan revisi. Kriteria kualitas suatu produk oleh Nieveen digunakan untuk mendapatkan perangkat pembelajaran baik yaitu (1) valid, (2) praktis, dan (3) efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Tes Kreativitas Siswa (TKS). Hasil Penelitian berupa perangkat pembelajaran pendidikan Matematika Realistik (PMR) berbasis Ethnomathematics sebagai upaya mengembangkan kreativitas siswa yang baik yaitu valid, praktis dan efektif.
Downloads
References
Budiarti, Indah. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Metode Montessori Untuk Materi Pokok Trapesium Dan Layang-Layang Di Kelas V Sekolah Dasar. Banjarmasin: Jurnal Lentera Vol 10 No 2.
D’Ambrosio U. 1997. Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. In A. Powell & M. Frankenstein(eds.), Ethnomathematics, Challenging Eurocentrismin Mathematics Education. Albany: State University of New York Press.
Gravemeijer, K., Doorman, M. 1999. Context Problem in Realistic Mathematics Education: A Calculus Course as An Example. Netherlands: Kluwer Academic Publishers.
Hendriana, H., & Utari Soemarmo. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Hobri. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jember: Center of Society Studies.
Kemdikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 TentangStandar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemdikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 TentangPembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mahmudi, A. 2008. Tinjauan Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pythagoras Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Vol.4, Nomor 2, Desember 2008, ISSN 1978-4538.
Munandar, S.C.U. 2009. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia.
Ngalimun, dkk. 2013. Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ningsih, Seri. 2014. Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.01, Nomor 22, Juni 2014, ISSN 2354-9645.
Rochmad, 2011. Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Unnes : Jurusan Matematika FMIPA
Nieveen. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. University of Twenty, The Nederlands
Royani, Muhammad, Winda Agustina. 2017. Bentuk-bentuk Geometris pada Pola Kerajinan Anyaman sebagai Kearifan Lokal di Kabupaten Barito Kuala. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3, Nomor 2, eISSN 2579-3977.
Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik; Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)