Pembayangan mental awal mahasiswa calon guru matematika terhadap penjumlahan dan pengurangan fungsi real

  • Darmadi Darmadi FKIP Universitas PGRI Madiun
  • Benny Nawa Trisna STKIP PGRI Banjarmasin

Abstrak

Pembayangan mental grafik fungsi merupakan modalitas utama mahasiswa calon guru matematika dalam memahami konsep-konsep terkait fungsi real. Beberapa konsep matematika sangat memerlukan pembayangan mental tentang penjumlahan dan pengurangan fungsi. Paper ini membahas pembayangan mental awal mahasiswa calon guru matematika terhadap penjumlahan dan pengurangan fungsi real. Data diperoleh melalui wawancara berbasis tugas. Sebanyak 20 subjek penelitian dipilih dari mahasiswa semester 7 program studi pendidikan matematika FKIP Universitas PGRI Madiun yang belum pernah mendapatkan materi atau penjelasan tentang visualisasi penjumlahan dan pengurangan grafik fungsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 7 (tujuh) bentuk pembayangan mental awal mahasiswa calon guru matematika terhadap penjumlahan dan pengurangan fungsi real.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Prodi Pendidikan Matematika

Referensi

Darmadi. 2011. “Imajeri Mahasiswa Dalam Pembelajaran Analisis Real (Studi Kasus Di IKIP PGRI MADIUN)”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional UNY, Jogjakarta, Desember 2011

Darmadi. 2012. “Membangun PembelajaranMatematika yang Menyenangkan dengan Visualisasi”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional UNY, Jogjakarta, 24 Maret 2012

Darmadi. 2015. “Profil Berpikir Visual Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Memahami Definisi Formal
Berdasarkan Perbedaan Gender”. Disertasi, UNESA, Surabaya

Darmadi. 2016. “Profil Berpikir Visual Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Masalah
Trigonometri”, Jurnal Math Educator Nusantara, ISSN: 2459-97345, Volume 2 Nomor 2, Hal 1-93, Mei 2016, Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Diterbitkan
2017-12-30
Bagian
Research
Abstrak viewed = 329 times
PDF (English) downloaded = 405 times