Pembayangan mental awal mahasiswa calon guru matematika terhadap penjumlahan dan pengurangan fungsi real
Abstract
Pembayangan mental grafik fungsi merupakan modalitas utama mahasiswa calon guru matematika dalam memahami konsep-konsep terkait fungsi real. Beberapa konsep matematika sangat memerlukan pembayangan mental tentang penjumlahan dan pengurangan fungsi. Paper ini membahas pembayangan mental awal mahasiswa calon guru matematika terhadap penjumlahan dan pengurangan fungsi real. Data diperoleh melalui wawancara berbasis tugas. Sebanyak 20 subjek penelitian dipilih dari mahasiswa semester 7 program studi pendidikan matematika FKIP Universitas PGRI Madiun yang belum pernah mendapatkan materi atau penjelasan tentang visualisasi penjumlahan dan pengurangan grafik fungsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 7 (tujuh) bentuk pembayangan mental awal mahasiswa calon guru matematika terhadap penjumlahan dan pengurangan fungsi real.
Downloads
References
Darmadi. 2012. “Membangun PembelajaranMatematika yang Menyenangkan dengan Visualisasi”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional UNY, Jogjakarta, 24 Maret 2012
Darmadi. 2015. “Profil Berpikir Visual Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Memahami Definisi Formal
Berdasarkan Perbedaan Gender”. Disertasi, UNESA, Surabaya
Darmadi. 2016. “Profil Berpikir Visual Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Masalah
Trigonometri”, Jurnal Math Educator Nusantara, ISSN: 2459-97345, Volume 2 Nomor 2, Hal 1-93, Mei 2016, Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)