Improvement of ability of class VB students SDN Indrasari 2 Martapura to solve multiplying and dividing fraction use tiered drilling
Peningkatan kemampuan menyelesaikan operasi perkalian dan pembagian pada bilangan pecahan siswa kelas VB SDN Indrasari 2 Martapura melalui latihan berjenjang
Abstrak
Perkalian dan pembagian bilangan pecahan sering kali menjadi persoalan yang sulit bagi siswa SD. Siswa mengalami kesulitan melakukan pekerjaan hitungan atau kalkulasi pada bilangan pecahan, khususnya pada pembagian. Hal yang sama dialami oleh siswa kelas VB SDN Indrasari 2 Martapura yang kesulitan menghitung hasil perkalian dan pembagian pecahan. Untuk mengatasi kesulitan tersebut digunakan metode latihan berjenjang, mengingat karakteristik siswa yang memerlukan latihan yang terkoordinasi dari konsep dasar menginjak ke materi selanjutnya secara berjenjang dari sederhana ke kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan kemampuan siswa dalam perkalian dan pembagian bilangan pecahan kelas VB SDN Indrasari 2 Martapura melalui pembelajaran dengan metode latihan berjenjang. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN Indrasari 2 Martapura sebanyak 21 orang. Data aktivitas dan hasil belajar dikumpulkan melalui observasi dan tes dan dianalisis menggunakan rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa meningkat dari Siklus I ke Siklus II dari cukup aktif ke sangat aktif dan kemampuan siswa dalam perkalian dan pembagian bilangan pecahan meningkat dari baik ke sangat baik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Anwar, Z. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2), 24–32.
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Dewi, N. C. S., Karlimah, K., & Nurdin, S. (2014). 2014. Pedadidaktika, 1(2), 86–95.
Kani, U. M., & Sa’ad, T. U. (2015). Drill as a Process of Education. European Journal of Business and Management, 7(21), 175.
Khan, L. A. (2015). What is Mathematics - an Overview. International Journal of Mathematics and Computational Science, 1(3), 98–101. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3626.8967
Khasinah, S. (2013). Classroom Action Research. Jurnal Pionir, Volume 1, Nomor 1, 1(2), 33–61. https://doi.org/10.17977/um013v1i42017p156
Kusumawati, E., & Irwanto, R. A. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 49–57. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2289
Lesmana, F., Kusman, M., Ariyano, A., & Karo, U. (2016). Metode Latihan (Drill) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Menggambar Autocad1. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 246. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3809
Primayanti, G., Suwu, S. E., & Appulembang, O. D. (2018). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Lentera Way Pengubuan Pada Topik Persamaan Garis Lurus [the Implementation of the Drill Method To Increase Mathematical Communication Skills of Grade 8 Students. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1(2), 135. https://doi.org/10.19166/johme.v1i2.867
Robertson, D., Cribb, P., Sotiriou, V., & Waud, E. (2006). Essential Mathematics VELS Edition Year 7. Cambridge University Press.
Romberg, T. A., & Kaput, J. J. (2009). Mathematics Classroom that Promote Understanding. In Mathematics Worth Teaching, Mathematics Worth Understanding. Lawrence Erlbarum Associates Publisher.
Soesatyo, Y., Subroto, W. T., Sakti, N. C., Edwar, M., & Trisnawati, N. (2013). pelatihan penulisan proposal peneliti tindakan (PTK) bagi guru ekonomi kabupaten Sidoarjo. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004