Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin tahun ajaran 2015/2016

  • Indah Budiarti STKIP PGRI Banjarmasin
  • Abdul Jabar STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Gaya Belajar, Expost Facto, Hasil Belajar

Abstract

Gaya belajar siswa merupakan salah satu unsur yang penting yang harus diperhatikan dalam proses belajar untuk mewujudkan tujuan pembelajaran matematika yang diharapkan. Bobbi DePorter dan Mike Hernacki dalam bukunya Quantum Learning mengatakan bahwa gaya belajar merupakan kunci untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan, sekolah, dan dalam situasi antar pribadi, dengan begitu gaya belajar akan mempengaruhi seseorang dalam menyerap dan mengolah informasi sehingga akan mempengaruhi prestasi yang dicapai (DePotter, 1999:110). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional dan expost facto dengan pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data menggunakan SPSS. Hasil Penelitian yaitu Tidak Terdapat pengaruh signifikan  gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin tahun ajaran 2015/2016.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Indah Budiarti, STKIP PGRI Banjarmasin

Dosen Prodi Pendidikan Matematika

Abdul Jabar, STKIP PGRI Banjarmasin

Dosen Prodi Pendidikan Matematika

References

Abdussalam Al-khalili. 2005. Amal, Pengembangan kreatifitas anak, (Hj Umma Farida, terjemahan). Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Arikunto, Suharsimi. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi . 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Chandra, Julius. 1994. Kreatifitas, Bagaimana menanam, Membangun dan Mengembangkannya Yogyakarta:Kanisius.

DePotter, Bobbi , Mike Hernacki. 1999. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Hurlock, Elizabeth B. 2002. Perkembangan Anak Jilid 2 (Meitasari Tjandrasa. Terjemahan).Jakarta: Erlangga.

Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Cetakan ke-11 Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution. 1982. Didaktik Azas-Azas Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Purwanto M, Ngalim. 2003. Psikologi Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Semiawan, Conny. 1997. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2003. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Rosda Karya.

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Sudijono, Anas .2008. Pengantar Statistik pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Bandung: CV Alfa Beta.

Tim Penulis Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Usman, Husaini. 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2016-12-30
How to Cite
Budiarti, I., & Jabar, A. (2016). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin tahun ajaran 2015/2016. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 142-147. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.42
Section
Research
Abstract viewed = 2448 times
PDF downloaded = 2469 times