Kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita program linear berdasarkan prosedur Polya

Problem-solving ability in solving linear program story problems based on Polya procedures

  • Muhammad Royani STKIP PGRI Banjarmasin
  • Abdul Jabar STKIP PGRI Banjarmasin
  • Benny Nawa Trisna STKIP PGRI Banjarmasin
  • Winda Agustina STKIP PGRI Banjarmasin
  • Noviana Nina Lupiana STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: kemampuan pemecahan masalah, soal cerita, prosedur Polya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan pemecahan masalah dalam menyelesaikan masalah cerita program linier berdasarkan prosedur Polya pada taruna tingkat II SMKN 1 Kapuas Kuala jurusan multimedia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah taruna berkemampuan tinggi dapat melaksanakan empat langkah pemecahan masalah Polya dengan sangat baik, yaitu memahami masalah, merencanakan solusi, mengimplementasikan rencana solusi, dan memeriksa solusi. (2) Kemampuan pemecahan masalah taruna dengan kemampuan sedang sudah mulai menyelesaikan masalah berdasarkan prosedur Polya dengan mengambil langkah-langkah untuk memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali solusi. (3) Kemampuan pemecahan masalah taruna yang memiliki kemampuan rendah sudah mampu melakukan tahap memahami masalah dan merencanakan pemecahan masalah, namun subjek masih kurang dalam mengimplementasikan rencana solusi dan belum mampu kembali. memeriksa solusinya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Royani, STKIP PGRI Banjarmasin

Jl. Sultan Adam Komplek H. Iyus No. 18 RT 11 RW 23 Sungai Jingah, Banjarmasin Utara, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia

Abdul Jabar, STKIP PGRI Banjarmasin

Jl. Sultan Adam Komplek H. Iyus No. 18 RT 11 RW 23 Sungai Jingah, Banjarmasin Utara, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia

Benny Nawa Trisna, STKIP PGRI Banjarmasin

Jl. Sultan Adam Komplek H. Iyus No. 18 RT 11 RW 23 Sungai Jingah, Banjarmasin Utara, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia

Winda Agustina, STKIP PGRI Banjarmasin

Jl. Sultan Adam Komplek H. Iyus No. 18 RT 11 RW 23 Sungai Jingah, Banjarmasin Utara, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia

Noviana Nina Lupiana, STKIP PGRI Banjarmasin

Jl. Sultan Adam Komplek H. Iyus No. 18 RT 11 RW 23 Sungai Jingah, Banjarmasin Utara, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia

References

Amelia,Karina. 2020. Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA di SMK Negeri 3 Banjarmasin. Skripsi. Banjarmasin: STKIP PGRI BJM.

Devi Liyana. Dkk. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XII SMA Materi Program Linier. Jurnal Gammath, 3 (2), 15.

Dianti Purba. Dkk. 2021. Pemikiran George Polya tentang Pemecahan Masalah. Jurnal MathEdu(Mathematic Education Journal), 4 (1), 26.

Ema Mahardhikawati. Dkk. 2017. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah-langkah Polya pada Materi Turunan Fungsi Ditinjaudari Kecerdasan Logis-Matematis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Surakarta tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM), 1 (4), 120.

Fiqriah,Rifkah. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Polya pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sinjai Selatan. Skripsi. Makassar: FKIP UMM.

Fitrianingsih,Ika. Dkk. 2016. Analisis Kesulitan Translasi Matematis Siswa dalam Materi Program Linier di Kelas XI SMAN 7 Pontianak. Artikel Penelitian.

Kemendikbud. 2017. Buku Matematika Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK edisi revisi K13. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nadifa,Milatun. Penerapan Pendekatan Polya untuk Meningkatkan Kemampuan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang pada Siswa Kelas 5 SD. Artikel Penelitian.

Nurdin Arsyad. Dkk. 2020. Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas XI. Jurnal Issues in Mathematics Education, 4 (2), 137.

Nurhayati, Martin Bernard. 2020. Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMK Bina Insan Bangsa pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan. Jurnal On Education, 01 (02), 498

Oktaviani,Kikie. 2021. Analisis Kesulitan Siswa Kelas XI Agama 1 dalam pemecahan Masalah Matematika pada Materi Program Linier. Skripsi. Banjarmasin: STKIP PGRI BJM.

Ratu Syifa Fauziyah, Heni Pujiastuti. 2020. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linier Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Pendidikan Matematika, 8 (2), 257

Risma,Nissa. Dkk. 2018. Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP pada Materi Teorema Phytagoras. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1 (03), 415-416

Setia Lestari,Reni. 2019. Analisis Kemampuan Siswa pada Hasil Ulangan Tengah Semester Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Berdasarkan Teori Polya Kelas X MIA 3 MAN 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Banjarmasin: STKIP PGRI BJM.

Siti Nurjanah, Istiqomah. 2020. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Program Linier pada Siswa Kelas X TKJ SMK Piri 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (6), 823

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Trizulfianto. Dkk. 2017. Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Program Linier Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (5), 198.

Ziadatul Raudho. Dkk. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Pytagoras Berdasarkan Langkah-langkah Polya. Jurnal of Mathematics Education, 6 (2), 101-110.

Published
2022-08-30
How to Cite
Royani, M., Jabar, A., Trisna, B. N., Agustina, W., & Lupiana, N. N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita program linear berdasarkan prosedur Polya. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 174-182. https://doi.org/10.33654/math.v8i2.1899
Abstract viewed = 238 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 118 times

Most read articles by the same author(s)