Analysis of students understanding mathematics concept based on resolving HOTS questions at SMP Negeri 1 Gambut

Analisis pemahaman konsep matematika siswa berdasarkan penyelesaian soal HOTS di SMP Negeri 1 Gambut pada masa pandemi covid-19

  • Rolina Amriyanti Ferita
  • Williza Yanti Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan
  • Bella Santika Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan
Kata Kunci: Pemahaman konsep soal, Higher Order Thinking Skill (HOTS), pembelajaran daring

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan teori dari Kilpatrick et al., pada kelas VIII SMP Negeri 1 Gambut di masa pandemi terkait penyelesaian soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Sebagaimana adanya Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,  Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa  Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dengan ini penelitian bisa dilaksanakan secara luring (luar jaringan). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian siswa kelas VIII  SMP Negeri 1 Gambut yang berjumlah 18 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman matematis siswa pada soal HOTS dan lembar wawancara. Dalam tahap menyelesaikan masalah, sebagian siswa melakukan proses tahapan-tahapan yang benar namun masih kurang maksimal dalam menyelesaikan jawaban tersebut. Masih banyak juga siswa yang tidak paham pada indikator merencanakan penyelesaian masalah dan banyak siswa yang melakukan rencana penyelesaian namun masih salah dalam pengerjaan soal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan penyelesaian soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) SMP Negeri 1 Gambut pada materi SPLDV masih rendah, terutama dalam memahami masalah, kegiatan merancang strategi pemecahan masalah, kegiatan melakukan perhitungan, serta kegiatan memeriksa kembali hasil atau solusi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Hadi, S., Retnawati, H., Munadi, S., Apino, E., & Wulandari, N. F. (2018). The difficulties of high school students in solving HOTS problems. Problems of Education in the 21st Century, 76(4), 520–532.

Kamila, A., Nafisah, S., Aprilia, D., & Wicaksono, B. G. (2020). Analisis kemampuan siswa smp dalam menyelesaikan soal hots matematika materi sistem persamaan linear dua variabel. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 1(1), 119–126.

Khairunnisa, N. C., & Aini, I. N. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis dalam menyelesaikan soal materi SPLDV pada siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 546–554.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding it up: Helping children learn mathematics. National Academy Press. https://doi.org/10.17226/9822

Krathwohl, D. R. (2002). A revision of bloom’s taxonomy : An overview. In Theory into Practice (Vol. 41, Issue 4, pp. 212–218). College of Education, The Ohio State University.

Kusuma, A. P., & ’Adna, S. F. (2021). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal higher order thinking skill (HOTS) sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Saintika Unpam : Jurnal Sains Dan Matematika Unpam, 3(2), 150–160.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). SAGE Publication, Inc.

Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insight and interpretations. In OECD Publishing.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i1p21-30.642

Diterbitkan
2022-04-30
Abstrak viewed = 185 times
PDF downloaded = 190 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##