Efektivitas penggunaan google form dalam evaluasi hasil belajar mahasiswa UMNU Kebumen pada masa pandemi covid-19

Effectiveness of using google form in evaluation of students' learning outcomes of UMNU Kebumen during the covid-19 pandemic

  • Endang Wahyuningsih UMNU Kebumen
  • Rolina Amriyanti Ferita Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan
Keywords: google form, evaluation, effectiveness, covid-19, online

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemakaian Google Form pada evaluasi hasil belajar mata kuliah matematika diskrit mahasiswa UMNU Kebumen saat pandemi Covid-19. Evaluasi hasil belajar diperlukan guna mencari tahu hasil dari proses belajar mahasiswa. Pada masa pandemi Covid-19 ini, dengan adanya surat edaran pemerintah, pembelajaran dan evaluasi dilakukan secara online. Peningkatan pembelajaran online memberikan tantangan bagi para pendidik untuk memilih cara yang tepat guna memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran online khususnya dalam hal penilaian. Salah satu aplikasi yang dapat dipilih sebagai media evaluasi secara online adalah Google Form. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kuantitatif. Ada sebanyak 37 mahasiswa yang menjadi responden pada penelitian ini. Pemakaian Google Form dalam kegiatan evaluasi ternyata “efektif” dengan persentase ketuntasan mahasiswa sebesar 78.38% yaitu pada kategori “cukup baik”. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan Google Form sebagai media evaluasi adalah efektif di masa pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Endang Wahyuningsih, UMNU Kebumen

Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen, Jl. Kusuma No. 75, Bumirejo, Kec. Kebumen, Kab. Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia

Rolina Amriyanti Ferita, Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan

Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan, Jl. A. Yani No.KM 12.5, Banua Hanyar, Kertak Hanyar, Banjar, Kalimantan Selatan, Indonesia

References

Amalia, (2019). Penggunaan media google form dalam evaluasi pembelajaran bahasa arab maharah kitabah. Prosiding konferensi nasional bahasa arab v. Diakses tanggal 5 Agustus 2022 dari http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/50.

Batubara, H. H. (2016). Penggunaan google form sebagai alat penilaian kinerja dosen di prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1).

Fajar, M. dkk. (2020). Bunga Rampai Pandemi “Menyingkap Dampak-dampak Sosial Kemasyarakatan Covid-19”. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Pres.

Handayani, S.D. dan Irawan, A. (2020). Pembelajaran matematika di masa pandemi covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 179-189.

Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah (BDR) Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Lestari, W. I. dan Putra, E. D. (2020). Efektivitas pembelajaran matematika menggunakan media pemberian tugas google form di masa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar siswa. LAPLACE : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 129-141.

Marlinda, N. L. P. M. (2021). Studi empiris pemanfaatan google form untuk penilaian harian mata kuliah matematika mahasiswa STIKI Indonesia. Jurnal Media Edukasi, 5(1), 9-14.

Purwati, D. dan Nugroho, A. N. P. (2018). Pengembangan media evaluasi pembelajaran sejarah berbasis google formulir di SMA N 1 Prambanan. ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, 14(1), 1-10.

Sianipar, A. Z. (2019). Penggunaan google form sebagai alat penilaian kepuasan pelayanan mahasiswa. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(1), 16-22.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, L. W. S. (2021). Penggunaan google form dalam evaluasi hasil belajar peserta didik di masa pandemi covid-19. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 150-156.

Published
2022-04-22
How to Cite
Wahyuningsih, E., & Ferita, R. A. (2022). Efektivitas penggunaan google form dalam evaluasi hasil belajar mahasiswa UMNU Kebumen pada masa pandemi covid-19. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 47-57. https://doi.org/10.33654/math.v8i1.1883
Abstract viewed = 207 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 128 times