Pengembangan multimedia interaktif pada kompetensi peluang menggunakan macromedia flash
Interactive multimedia development in opportunity competence using macromedia flash
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif pada kompetensi peluang menggunakan macromedia flash. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain ADDIE, yang dilaksanakan di SMA Negeri 5 Yogyakarta, dan subjek penelitiannya adalah ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran matematika dan siswa kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar evaluasi, dan angket respon. Lembar validasi digunakan untuk dua orang dosen validator. Lembar evaluasi untuk ahli media, ahli materi, guru, dan siswa. Adapun angket respon untuk siswa. Data kuantitatif dari lembar evaluasi berskala likert (1-4) dihitung rata-ratanya kemudian dikonversi menjadi lima kategori dari sangat tidak baik sampai sangat baik, sedangkan data kualitatif dari angket respon siswa diberi skor sesuai tingkatannya lalu dihitung rata-rata kemudian juga dikonversi menjadi lima kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan masuk kategori baik, diperoleh dari skor lembar evaluasi ahli media sebesar 3,06, ahli materi sebesar 3,31, skor rata-rata guru sebesar 3,26, dan skor rata-rata siswa sebesar 3,12. Adapun hasil dari angket respon siswa masuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3,04.
Downloads
References
Anwar, S., & Anis, M. B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Profesional pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang. Jurnal Guruan Matematika (Kudus), 3(1), 99. https://doi.org/10.21043/jpm.v3i1.6940
Ardhiyah, M. A., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Berbasis Adobe Flash Materi Pecahan Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Guruan, 4(3), 479. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.28258
Arsid, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Mandiri Berbasis Macromedia Flash Materi Koordinat Cartesius. ELIPS: Jurnal Guruan Matematika, 1(1), 19–29. https://doi.org/10.47650/elips.v1i1.101
Cahyanindya, B. A., & Mampouw, H. L. (2020). Pengembangan Media Puppy Berbasis Adobe Flash CS6 Untuk Pembelajaran Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Guruan Matematika, 4(1), 396–405. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.233
Fitri, A., & Abadi, A. M. (2021). Kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan soal matematika pada materi peluang. Jurnal Riset Guruan Matematika, 8(1), 96–105. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.17004
Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Guruan Matematika, 9(2), 323–334. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.652
Hotimah, H., Ermiana, I., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Progres Guruan, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.57
Irmatika, T., Fitri, H., Imamuddin, M., & Rahmat, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash di Kelas VIII SMPN 1 Keritang. Jurnal Gammath, 7(2), 95–104. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/8519
Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Pahlawan. Jurnal MAJU(Jurnal Guruan Matematika), 1(1), 20.
Khalisa, A. M., Herlina, S., Suripah, S., & Yolanda, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX. Perspektif Guruan Dan Keguruan, 12(2), 128–136. https://doi.org/10.25299/perspektif.2021.vol12(2).9371
Khuzaini, N., & Yogo Sulistyo, T. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan adobe flash cs6 pada materi segiempat dan segitiga. KoPeN: Konferensi Guruan Nasional, 2(1), 178–183.
Lestyorini, R. D., & Noviyanto, T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika pada Materi Pecahan Berbasis Adobe Flash di Kelas V SD Negeri Kabupaten Indramayu. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 217. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.34938
Maghfiroh, I., Khotimah, K., & Verdianingsih, E. (2019). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis adobe flash untuk siswa kelas VIII. Exact Papers in Compilation (EPiC), 1(4), 177–186.
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Guruan Matematika, 8(2), 177. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Putridayani, I. B., & Chotimah, S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memahami Soal Cerita Matematika pada Materi Peluang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 671–678. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.671-678
Saputra, R., Thalia, S., & Gustiningsi, T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Adobe Flash Pro Cs6 Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Guruan Matematika, 14(1), 67–80. https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6794.67-80
Seabra, C., & Almeida, A. M. (2015). Project Management on Multimedia Projects: Preliminary Results on Communication, Interaction and Team Work Dynamics. Procedia Computer Science, 64, 816–823. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.08.633
Septian, A., Inayah, S., & Pelani, J. I. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Bangun Datar. RANGE: Jurnal Guruan Matematika, 2(2), 97–107. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.697
Septiawan, S., & Abdurrahman. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 Profesional Pada Materi Barisan Dan Deret …. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/7441%0Ahttps://repository.uir.ac.id/7441/1/156411178.pdf
Suryadi, I., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis PMRI Menggunakan Macromedia Flash Profesional 8. Jurnal Guruan Matematika: Judika Education, 3(1), 40–49.
Wahid, A., Handayanto, A., & Purwosetiyono, F. X. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Menara Kudus Menggunakan Adobe Flash Professional CS 6 pada Siswa Kelas VIII. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Guruan Matematika, 2(1), 58–70. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i1.5765
Wardani, K. W., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas dan Keliling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Guruan Dan Kebudayaan, 10(1), 73–84. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p73-84
Wulandari, T. J., Siagian, S., & Sibuea, A. M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Aplikasi Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Guruan, 5(2), 195–210. https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12598
Yunarti, Y., Loviana, S., & Safaatin, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs6. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Guruan Matematika, 11(1), 159. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4459
Yuniar, F., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Segiempat Berbasis Adobe Flash Cs6 Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 101. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i2.3413
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)