Pengembangan perangkat pembelajaran strategi membaca cepat dalam menyelesaikan soal cerita matematika berbahasa inggris tingkat SD
Development of learning tools with speed reading strategy for solving mathematics word problem in english at primary school level
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang terdiri atas RPP, materi ajar, dan tes yang berisi teknik membaca cepat dalam menyelesaikan soal cerita matematika berbahasa Inggris. Penelitian dilaksanakan di salah satu SD swasta yang ada di kota Banjarbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) menggunakan model dari Thiagarajan yang dimodifikasi untuk siswa normal dan terbatas hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). RPP yang dikembangkan berisi kompetensi dasar tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan asli. Materi ajar yang dikembangkan fokus membahas tentang teknik membaca cepat yaitu bagaimana menemukan kata kunci dalam bahasa Inggris yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan bilangan. Adapun tes yang dikembangkan dibedakan menjadi dua yaitu pretes untuk mengukur kemampuan awal siswa dan postes untuk mengetahui skor siswa setelah pemberian materi ajar yang dikembangkan. Hasil uji kevalidan dan kepraktisan dari guru menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran layak digunakan untuk uji coba di kelas, dan hasil postes menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran efektif dilihat dari skor rata-rata siswa yaitu 72 dan persentase ketuntasan klasikal yaitu 80%.
Downloads
References
Cai et.al., J. (Ed.). (2009). Effective mathematics teaching from teachers perspective. Sense Publishers.
Cruickshank, D. R., Jenkins, D. B., & Meatcalf, K. K. (2006). The act of teaching (4th ed.). McGraw Hill.
Devi, P. K., Sofiraeni, R., & Khairuddin. (2009). Pengembangan perangkat pembelajaran untuk guru SMP. P4TK IPA.
Erianjoni, E. (2017). Pengembangan Materi Ajar Sosiologi Tentang Mitigasi Bencana Berbasis Kearifan Lokal Di Kota Padang. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 4(2), 96–107. https://doi.org/10.24036/scs.v4i2.24
Gronlund, Linn, & Miller. (2009). Measurement and assessment in teaching. Pearson Education, Inc.
Hidayah, N. (2015). Pembelajaran tematik integratif di Sekolah Dasar. Jurnal Terampil Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 34–49.
Januarti, N. K., Dibia, I. K., & Widiana, I. W. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Dalam Pembelajaran Membaca Cepat Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Abang. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).
Kemdikbud RI. (2012). Kurikulum 2013. In Http://Kemdikbud.Go.Id/. http://kemdikbud.go.id/main/?lang=id
Kemdikbud RI. (2013a). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 65 tahun 2013 tentang standar proses. Kemdikbud.
Kemdikbud RI. (2013b). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 66 tahun 2013 tentang standar penilaian. Kemdikbud.
Khotimah, A. H., Djuanda, D., & Kurnia, D. (2016). Keterampilan Membaca Cepat Dalam Menemukan Gagasan Utama. Keterampilan Membaca Cepat Dalam Menemukan Gagasan Utama, 1(1), 341–350. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3040
Kustian, N., Rahayu, W., & Ningsih, R. (2017). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan dalam Membaca Cepat untuk Menemukan Ide Pokok Paragraf. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 2(2), 213. https://doi.org/10.30998/string.v2i2.2108
Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar: Mengapa Perlu dan Mengapa Dipersoalkan. Judika: Jurnal Pendidikan Unsika, 6(1), 23–28.
Moore, K. D. (2009). Effective instructional strategies: From theory to practice. SAGE Publication.
Nieveen, N. (1999). Prototyping to reach product quality. In J. van den Akker, R. M. Branch, K. Gustafson, N. Nieveen, & T. Plomp (Eds.), Design approaches and tools in education and training (pp. 125–136). Kluwer Academic Publishers. https://doi.org/10.1007/s00477-014-0937-9
Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2011). Educational assessment of students (6th ed.). Pearson Education, Inc.
Prastowo. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Diva Press.
Reynolds, C. R., Livingston, R. B., & Willson, V. (2009). Measurement and assessment in education (2nd ed.). Pearson Education, Inc.
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional (Issue Mc). Indiana University.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)