Deskripsi kemampuan penalaran matematis siswa SMP pada kompetensi barisan dan deret
Description of junior high school students' mathematical reasoning ability in sequence and series competence
Abstract
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa SMP pada kompetensi barisan dan deret, khususnya aritmetika. Indikator yang digunakan terdiri dari empat yaitu kemampuan mengajukan dugaan, menyajikan pernyataan matematika melalui lisan atau tulisan, melakukan manipulasi matematika, dan menarik kesimpulan atau melakukan generalisasi. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Gambut, dengan subjek siswa kelas VIIIG. Dari 29 siswa yang ada, dipilih secara purposive sampling masing-masing 3 siswa dengan kategori kelompok skor tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Untuk menjamin keabsahan data dilakukan triangulasi teknik (tes dan wawancara) serta triangulasi sumber (siswa dan guru). Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator yang paling banyak muncul adalah kemampuan melakukan manipulasi matematika, sedangkan yang paling sedikit muncul adalah kemampuan menyajikan pernyataan matematika melalui lisan atau tulisan. Disarankan agar siswa tidak hanya fokus pada kemampuan perhitungan teknis tetapi harus mampu mengubah soal cerita ke dalam pernyataan matematika yang sesuai.
Downloads
References
Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. LEMMA: Letters Of Mathematics Education, 8(2), 61–75.
Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 77–86.
Handayani, T., Hartatiana, H., & Muslimahayati, M. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Barisan dan Deret Aritmetika. Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 160–168.
Hariyomurti, B., Prabawanto, S., & Jupri, A. (2020). Learning Obstacle Siswa dalam Pembelajaran Barisan dan Deret Aritmetika. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 283–292.
Jannah, R., Zubainur, C. M., & Syahjuzar. (2020). Kemampuan Siswa dalam Mengajukan Dugaan dan Melakukan Manipulasi Matematika melalui Model Discovery Learning di Sekolah Menengah Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 5(1), 70–78.
Konita, M., Asikin, M., & Asih, T. S. N. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 2, 611–615. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Melin, K., Hadjar, I., & Sukayasa, S. (2015). Profil Kemampuan Penalaran Siswa dalam Memecahkan Masalah Soal Cerita Barisan dan Deret Aritmetika di Kelas X SMA Negeri 2 Palu. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 178–189.
Muslimin, M., & Sunardi, S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMA Pada Materi Geometri Ruang. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 171–178. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.18323
Novitasari, N. T., & Shodikin, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Soal Cerita Barisan dan Deret Aritmetika. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 153–162. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.1.153-162
Nurmansyah, U., & Setiana, S. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika Melalui Pendekatan Saintifik TPACK. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah, 6(1), 195–216.
Octaviyunas, A., & Ekayanti, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question Getting Answer dan Think Pair Share terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VII. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 341–352. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Oktaviana, V., & Aini, I. N. (2021). Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Aritmetika Sosial. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 1–12. https://doi.org/10.31941/delta.v9i2.1334
Ratnasari, G. I., & Abadi, A. M. (2018). Investigating Mathematical Literacy, Mathematical Reasoning Skill, and Self Esteem of a Public High School. Journal of Physics: Conference Series, 1097(012096), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012096
Rizqi, N. R., & Surya, E. (2017). An Analysis of Students’ Mathematical Reasoning Ability in VIII Grade of Sabilina Tembung Junior High School. IJARIIE (International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education, 3(2), 3527–3533. www.ijariie.com
Saniriati, D. M. D., Dafik, D., & Murtikusuma, R. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Animate Berbantuan Schoology pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika. JRPIPM (Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika), 4(2), 132–145.
Saputri, I., Susanti, E., & Aisyah, N. (2017). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking pada Materi Perbandingan Kelas VIII di SMPN 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 15–24.
Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 713–720.
Setiawan, B., Luti, A., & Pentaurus, T. D. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika. JRPMJ (Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta), 4(2), 1–8. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v4i2.25081
Tukaryanto, T., Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematik dan Percaya Diri Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. PRISMA, 656–662. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Utama, Z. P., Maison, M., & Syarkowi, A. (2018). Analisis Kemampuan Bernalar Siswa SMA Kota Jambi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 1–5. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i1.2223
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)