Effect of speed reading strategy for solving mathematics word problems in English on elementary school students’ learning outcomes and self-confidence
Pengaruh strategi membaca cepat dalam menyelesaikan soal cerita matematika berbahasa inggris terhadap hasil belajar dan kepercayaan diri siswa SD
Abstrak
Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik membaca cepat dalam menyelesaikan soal cerita matematika berbahasa Inggris terhadap hasil belajar dan kepercayaan diri siswa SD. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 di salah satu SD swasta kota Banjarbaru, dengan subjek sebanyak 15 siswa Kelas 3. Data kuantitatif yang diperoleh dari skor pretes dan postes hasil jawaban siswa dianalisis menggunakan SPSS 26 melalui uji sampel berpasangan Wilcoxon karena data skor tersebut tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa teknik membaca cepat yang digunakan tidak berpengaruh secara signifikan karena kurangnya repetisi dan cara penyampaian materi yang kurang menarik bagi siswa. Akan tetapi, teknik membaca cepat dimungkinkan mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa sehingga siswa lebih yakin dalam menjawab soal cerita tersebut tanpa bantuan terjemahan soalnya meskipun perlu penelitian lebih lanjut.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Achdiyat, M., & Lestari, K. D. (2016). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Siswa di Kelas. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 50–61. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.752
Agustyaningrum, N., & Suryantini, S. (2017). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 27 Batam. JIPMat, 1(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1242
Hotimah, E. (2010). Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 04(01), 10–18. www.journal.uniga.ac.id
Julianti, A. L., Sumitro, B., & Yulianti, D. (2014). Peningkatan Prestasi Belajar Membaca dan Memahami Teks Bahasa Inggris Melalui Teknik Skimming- Scanning Pada Siswa Kelas XI di Sekolah Menengah Kejuruan Gunadharma Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 2(4), 1–14. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JT/article/view/5599
Kasimbara, R. P. (2019). Keefektifan Penggunaan Teknik Scramble Untuk Pemahaman Membaca Teks Bahasa Inggris pada Mahasiswa Kebidanan. Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti, 7(1), 40-46.
Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa SMP. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 33–42. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4474
Koriyah, V. N., & Harta, I. (2015). Pengaruh Open-Ended terhadap Prestasi Belajar, Berpikir Kritis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 95–105. https://doi.org/10.21831/pg.v10i1.9113
Lintuman, A., & Wijaya, A. (2020). Keefektifan model pembelajaran berbasis inkuiri ditinjau dari prestasi belajar dan kepercayaan diri dalam belajar matematika siswa SMP. 7(1), 13–23.
Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar: Mengapa Perlu dan Mengapa Dipersoalkan. Judika: Jurnal Pendidikan Unsika, 6(1), 23–28.
Mardiyah, M. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Bahasa Inggris melalui Autonomous Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.37012/jipmht.v3i1.84
Muchtar, N., & Irmawati. (2017). Penerapan Metode SQ5R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review, Reflect) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Bahasa Inggris (Penelitian Tindakan Kelas pada Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Program Studi DIV Teknik Komputer dan Jaringan). Ideas: Journal on English Language Teaching & Learning Linguistics and Literature, 5(1), 1–19.
Pamuji, D. S. (2017). Kemampuan Membaca Cepat Dengan Metode Skimming Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Merlung Tahun Ajaran 2016/2017. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7(1), 70–83.
Rahardjo, M., & Waluyati, A. (2011). Pembelajaran Soal Cerita pada Operasi Hitung Campuran di SD. In C. Sa’dijah (Ed.), Modul Matematika SD Program. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Rahayu, I. P., Setiani, R., & Nuswantari, M. R. (2016). Pengaruh Kepercayaan diri dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Polagan Tahun Pelajaran 2015/2016. INSPIRASI: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(3), 119–135. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/inspirasi/article/view/336/178
Ramansyah, W. (2015). Pengembangan Education Game (Edugame) Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edutic, 2(November), 1–9. http://neo-bis.trunojoyo.ac.id/edutic/article/viewFile/1560/1342
Ratminingsih, N. M. (2016). Efektivitas Media Audio Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu Kreasi Di Kelas Lima Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 27. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8292
Susanthi, I. G. A. A. D. (2021). Kendala Dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya. Linguistic Community Service Journal, 1(2), 64–70. https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/licosjournal/article/view/2658
Susanty, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Memahami Teks Bahasa Inggris Melalui Teknik Skimming-Scanning Pada Mahasiswa STIT RU Semester II 2017/2018. Raudhah Proud to Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(1), 43–54. https://doi.org/10.48094/raudhah.v4i1.41
Vandini, I. (2015). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 210–219. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646
Yamin, M. (2017). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Di Tingkat Dasar. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 1(5), 82–97.
Zahrah, R. F., & Suryana, Y. (2019). Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dalam Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 69–75.