Membangun kepribadian dengan nilai-nilai pendidikan matematika

  • Muhammad Royani STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Personality, Value, Mathematics Education

Abstract

Pendidikan merupakan sarana yang sangat tepat dalam membantu manusia untuk mengembangkan potensi diri agar menjadi manusia yang memiliki kepribadian yang baik atau karakter baik atau pribadi yang positif atau berakhlak mulia dalam menjalan ikhtiar/syariat kehidupan sesuai dengan tuntunan agama yang diturunkan Allah melalui Al-Qur’an dan Al-Hadist. Dengan kata lain menjadi manusia yang memiliki nilai-nilai religius atau menjadi manusia religius dalam istilah filsafat atau manusia yang utuh dalam istilah Negara. Matematika sebagai suatu ilmu pengetahuan yang dipelajari di sekolah dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi, hendaknya tidak hanya dipandang memiliki makna krusial, melainkan juga harus sampai pada makna esensial yang mengandung nilai edukasi sebagai pembentuk kepribadian. Aktualisasi nilai-nilai pendidikan matematika melalui pengungkapan dan penekanan nilai-nilai yang terkandung dari proses pembelajaran melalui pemaknaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Royani, STKIP PGRI Banjarmasin

Prodi Pendidikan Matematika

References

Abidin, Danial Zainal. 2004. 7 Formula Individu Cemerlang: Mengungkap Rahasia Kesuksesan dan Kejayaan
Pribadi. Jakarta: Hikmah.

Abidin, Danial Zainal. 2008. Al-Qur’an for Life Excellence: Tips-Tips Cemerlang dari Al-Qur’an. Bandung: Hikmah

Abidin, Zainal. 2006. Filsafat Manusia: Memahami Manusia Melalui Filsafat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Al-Hashimi, Muhammad Ali. 2006. Kepribadian Seorang Muslim. Riyadh. International Islamic Publishing House.

Alisah, E. & Prasetyo, E. 2007. Filsafat Dunia Matematika: Pengantar untuk Memahami Konsep-konsep Matematika. Malang: Prestasi Pustaka Publisher.

Agustian AG. 2009. Bangkit dengan 7 Budi utama. Jakarta. PT Arga Publishing.

Ayudhya, Art-Ong Jumsai Na. 2009. Human Values in Water Education Instructional Model. Jakarta: Institute of Sathya Sai Education Indonesia.

Phenix. 1964. Realms of Meaning. New York: Mc Graw-Hill

Lembaran Negara No. 78. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Shubhi, Ahmad Mahmud. 2001. Filsafat Etika: Tanggapan Kaum Rasionalis dan Intuisionalis Islam. Jakarta: Serambi.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia (Konstatasi keadaan masa kini menuju harapan
masa depan). Jakarta. Dirjen Dikti Depdiknas.

Sumaatmadja, Nursid. 2002. Pendidikan Pemanusiaan Manusia Manusiawi. Bandung: CV Alfabeta.

Sumantri, Endang. 2008. An Outline of Citizenship and Moral Education in Major Countries of Southeast Asia. Bandung: Bintang Warli Artika.

Sumarmo Utari. 2014. Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: Jurusan Pendidikan
Matematika FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Syahidin. 2009. Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Quran. Bandung: Alfabeta.

Nik Pa, Nik Azis. 2009. Nilai dan Etika dalam Pendidikan Matematika. Kuala Lumpur: Universiti Malaya.

Micklethwait John & Wooldridge Adrian. 2000. A Future Perfect: The Challenge and Hidden Promise of Globalization. New York: Crown Publisher.

Yusuf, Syamsu dan Nurihsan, A. Juntika. 2008. Teori Kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Published
2015-04-30
How to Cite
Royani, M. (2015). Membangun kepribadian dengan nilai-nilai pendidikan matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 23-32. https://doi.org/10.33654/math.v1i1.91
Section
Review
Abstract viewed = 831 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 1395 times