Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Membuat Diagram

  • Aminah Ekawati STKIP PGRI Banjarmasin
  • Winda Agustina STKIP PGRI Banjarmasin
  • Fahriza Noor MTSN 3 Tabalong
Keywords: Diagram, Pemecahan Masalah

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah hal yang penting dimiliki oleh siswa dikarenakan adanya perkembangan zaman yang menuntut siswa untuk dapat memecahkan berbagai masalah yang terdapat di lingkungannya. Pemecahan masalah matematika memiliki berbagai strategi pemecahan, salah satunya menggunakan strategi membuat  diagram. Materi yang relevan dengan strategi tersebut di kelas 7  adalah himpunan. Dalam materi himpunan siswa dapat memecahkan masalah dengan menggunakan diagram Venn. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.  Subyek penelitian yaitu siswa SMP kelas 7 yang terdiri dari 2 orang yaitu 1 siswa yang memiliki nilai di atas KKM dan 1 orang siswa yang memiliki nilai di bawah KKM. Teknik  pengumpulan  data menggunakan dengan  tes  dan  non  tes  (dokumentasi  dan  wawancara). Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, menyajikan data, interpretasi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) subjek yang berada di atas KKM dapat menyelesaikan masalah dengan benar dengan membuat diagram, dan (2) subjek yang berada di bawah KKM tidak dapat menyelesaikan masalah dengan benar dan tidak dapat membuat gambar.

Published
2019-12-29
How to Cite
Ekawati, A., Agustina, W., & Noor, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Membuat Diagram. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(2), 1-7. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.881
Abstract viewed = 664 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 747 times