Proses pemecahan masalah operasi aljabar oleh siswa SMP berdasarkan tahapan IDEAL ditinjau dari kemampuan matematika

  • Ardiani Rahma Putri Universitas Kristen Satya Wacana
  • Danang Setyadi Universitas Kristen Satya Wacana
  • Helti Lygia Mampouw Universitas Kristen Satya Wacana
Kata Kunci: Pemecahan Masalah, IDEAL, Aljabar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemecahan masalah operasi aljabar oleh siswa SMP berdasarkan tahapan IDEAL ditinjau dari kemampuan matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, dibantu dengan lembar tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Data yang dianalisis adalah proses pemecahan masalah berdasarkan kelima tahapan IDEAL yaitu mengidentifikasi masalah, mendefinisikan masalah, mengeksplorasi strategi, melaksanakan rencana, dan mengkaji kembali. Subjek terpilih adalah tiga siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Salatiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada subjek dengan kemampuan matematika tinggi mampu melaksanakan kelima tahapan tersebut, subjek dengan kemampuan matematika sedang hanya mampu melaksanakan kelima tahapan pada soal terbuka tipe 1 dan tidak melaksanakan tahap mengkaji kembali pada soal terbuia tipe 2 dan soal tertutup. Pada subjek dengan kemampuan matematika rendah hanya melaksanakan keempat tahapan pada soal terbuka tipe 1 dan soal tertutup, serta tiga tahapan pada soal terbuka tipe 2.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Djamarah, Saiful Bahri dan Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hammadah Iffih Awot S M, (2017). Profil Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Memecahkan Soal Matematika Open-Ended Ditinjau Dari kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(6), 216-221.

J, B., & Stein, B. 1993. The IDEAL Problem Solver: A Guide for Improving Thinking, Learning, and Creativity (2nd ed). New York: W.H. Freeman.

Munalikatasari, Dita Aprilia (2016). Representasi Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(5), 112-121.

Permata, LD. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Faktorisasi Aljabar Berdasarkan Langkah Gagne Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak Tahun Ajaran 2016/2017. Diakses tanggal 12 Februari 2018 dari http://publikasiilmiah.ums.ac.id.
Diterbitkan
2018-10-18
Abstrak viewed = 669 times
PDF downloaded = 578 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##