Profil kemampuan spasial matematis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tuntang pada materi bangun ruang sisi lengkung
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan spasialĀ matematis siswa kelas XI SMA N 1 Tuntang pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa kelas XI SMA yakni 1 siswa berkemampuan tinggi, 1 siswa berkemampuan sedang, dan 1 siswa berkemampuan rendah. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: subjek berkemampuan matematika tinggi dan subjek berkemampuan matematika sedang memiliki kemampuan spasial hampir sama atau bahkan sama, dengan hanya memiliki perbedaan dalam cara berpikirnya saja. Cara berpikir subjek berkemampuan tinggi lebih mudah dipahami saat di minta untuk menjelaskan dari pada subjek berkemampuan sedang. Sedangkan subjek berkemampuan matematika rendah memang memiliki kemampuan spasial dibawah subjek berkemampuan matematika tinggi dan subjek berkemampuan matematika sedang. Subjek berkemampuan matematika rendah saat menjawab soal pada jaring-jaring tabung subjek rendah masih kebingungan pada perputaran jaring-jaring tabung secara benar atau tepat. Subjek berkemampuan matematika rendah masih kesulitan untuk mengimajinasikan perputaran atau perpindahan pada suatu objek, dimana objek tersebut berada pada perspektif yang berbeda.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Farisdianto, Donny Dwi dan Budiarto, Mega Teguh. 2014. Profil Kemampuan Spasial Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika. Diakses tanggal 17 Maret 2017.http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/8664.
Maier, Peter Herbert . 1996. Spatial Geometry And Spatial Ability - How To Make Solid Geometry Solid?.
Nugraheni, Rina Septi. 2014. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Spasial Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tuntang Kabupaten Semarang. Diakses tanggal 23 Agustus 2018. http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/4976/3/T1_202010034_Full%20text.pdf. Salatiga: UKSW
Oktaviana, Rizky. 2016. Peran Kemampuan Spasial Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika yang Berkaitan dengan Geometri. Diakses tanggal 08 Maret 2017.http://hdl.handle.net/11617/6975. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
Prihatnani, Erlina. 2012. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Menggunakan Alat Peraga 2 Dimensi Dan 3 Dimensi Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga Untuk Siswa SMA Di Kabupaten Kulon Progo Ditinjau Dari Kecerdasan Spasial Dan Kreativitas Siswa. Diakses tanggal 23 Juli 2018. Surakarta: UNS.
Subroto, Toto. 2012. Kemampuan Spasial (Spatial Ability). Diakses tanggal pada 17 Maret 2018. https://www.researchgate.net/publication/303810324_KEMAMPUAN_SPASIAL_SPATIAL_ABILITY. Sumedang: STKIP Sebelas April Sumedang.
Suparyan. 2007. Kajian Kemampuan Keruangan (Spatial Abilities) dan Kemampuan Penguasaan Materi Geometri Ruang Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang. Diakses tanggal 17 Maret 2017. http://lib.unnes.ac.id/16957/1/4101504005.pdf. Semarang : UNNES.