Pengembangan E-Work Arsos (e-worksheet aritmetika sosial) berbasis android dalam pembelajaran matematika
Development of E-Work Arsos (e-worksheet arithmetic social) based on android in mathematics learning
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan apakah media “E-Work Arsos” (E-Worksheet Aritmatika Sosial) valid, praktis, serta efektif untuk digunakan oleh peserta didik. Media “E-Work Arsos” dibuat agar menarik motivasi serta minat belajar peserta didik untuk digunakan dalam pembelajaran mandiri maupun berkelompok. Penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) adalah jenis yang digunakan dalam penelitian ini. Prosedur dalam penelitian “E-Work Arsos” menggunakan model ADDIE, dalam model ADDIE terdapat lima tahap diantaranya tahap Analyze, tahap Design, tahap Development, tahap Implementation, serta tahap Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi, tes, dan angket serta digunakan untuk penilaian kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media “E-Work Arsos”. Media “E-Work Arsos” (E-Worksheet Aritmatika Sosial) diuji oleh validator yaitu dosen pendidikan matematika dengan hasil akhir dari analisis data pada kevalidan media adalah 94,87%, dan kepraktisan media yaitu 100% yang artinya media “E-Work Arsos” dapat dikatakan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran peserta didik pada materi aritmetika sosial. Berdasarkan hasil dari keefektifan diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05 yang artinya media “E-Work Arsos” dapat dikatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran oleh peserta didik.
Downloads
References
Alimahdi, M., Sinaga, P., & Imansyah, H. (2021). Rancang Bangun E-Worksheet Berbasis Liveworksheets yang Berorientasi Keterampilan Berpikir Kritis pada Topik Momentum dan Impuls. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 6(2), 154–161.
Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 55–65.
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Dila, O. R., & Zanthy, L. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 17–26.
Fitri, N. M. A., Adirakasiwi, A. G., & Utami, M. R. (2018). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmetika Sosial. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 295–302. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Fransisca, M. (2017). Pengujian Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas Media E-Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 17–22.
Iffah, J. D. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Worksheet terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 107–116. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Ilyas, M., Ma’rufi, M., & Nisraeni, N. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika (Dilengkapi RPKPS Model PMK2E Berbasis Karakter dengan Kecerdasan Emosional) (1st ed.). Pustaka Ramadhan.
Irsalina, A., & Dwiningsih, K. (2018). Analisis Kepraktisan Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Blended Learning pada Materi Asam Basa. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 3(3), 171–182. https://doi.org/10.20961/jkpk.v3i3.25648
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1), 15–20.
Muharam, H., Ismail, I., & Karim, H. (2019). Pengembangan E-Worksheet Pembelajaran Biologi Berbasis Web Pada Materi Sistem Pencernaan. Biology Teaching and Learning, 1(1), 33–43. https://doi.org/10.35580/btl.v1i1.7526
Nurbayani, A., Rahmawati, E., Nurfaujiah, I. I., Putriyanti, N. D., Fajriati, N. F., Safira, Y., & Ruswan, A. (2021). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Liveworksheets sebagai LKPD Interaktif bagi Guru-guru SD Negeri 1 Tegalmunjul Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 1(2), 126–133. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCSEE/
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03(1), 171–187.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.
Rohani, R. (2020). Media Pembelajaran.
Simbolon, N. (2013). Minat Belajar Siswa Dimasa Pandemi. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pendidikan Dasar, 1(2), 14–19.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015). Pengembangan buku ajar model penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Seminar Nasional Riset Inovatif IV, 208–216.
Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheets pada Materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132–141.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)