Kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal materi pecahan oleh siswa SMP ditinjau dari tahapan Polya
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan oleh siswa SMP ditinjau tahap Polya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa kelas VII SMP yakni 1 siswa berkemampuan tinggi, 1 siswa berkemampuan sedang, dan 1 siswa berkemampuan rendah. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa berkemampuan tinggi mampu menyelesaikan permasalahan matematika materi pecahan dengan melalui semua tahap Polya. (2) Siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan permasalahan matematika materi pecahan belum mampu melalui semua tahap Polya. Mereka hanya mampu melalui tahap memahami masalah. (3) Siswa berkemapuan rendah dalam menyelesaikan permasalahan matematika materi pecahan belum mampu melalui semua tahap Polya. Mereka hanya mampu melalui tahap memahami masalah dan membuat rencana.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Indarwati, Desi. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Terdapat Di http://Ejournal.Uksw.Edu/Satyawidya/Article/View/107/95. Di Unduh Pada Hari Rabu 10 Mei 2017 pukul 18.16 WIB
Krulik, Stepehen and Rudnick. 1995. The New Soucebok for Teaching Reasoning and Problem Solving in Elementary School.
Ningrum, Lilis. 2013. Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soalmatematika Dalam Bentuk Cerita Pokok Bahasanbarisan Dan Deret Pada Siswa Kelas Xii SMA Al-Islam 3 Surakarta. terdapat di: eprints.ums.ac.id/23172/19/NASKAH_PUBLIKASI.pdf diunduh pada hari Jum’at 14 April 2017 pukul 10.30 WIB.
Nurmalasari, Widyastuti. 2016. Analisis Pemecahan Masalah Dalam Penyelesaian Soal Pecahan Kelas Vii Smp Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun 2015/2016. Terdapat di: eprints.ums.ac.id/44807/ diunduh pada hari Jum’at 14 April 2017 pukul 10.30 WIB
Polya, G. 1973. How To Solve It. (A new Aspect of Mathematical Method). Stanford University. Garden City, New York.
Shantrock, Jhon. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.
Singer, F. M., Pelczer, I., Voica, C. (2011). Problem posing and modification as a criterion of mathematical creativity. terdapat di https://www.researchgate.net/publication/266870929_PROBLEM_POSING_AND_MODIFICATION_AS_A_CRITERION_OF_MATHEMATICAL_CREATIVITY diunduh pada hari Kamis 13 April 2017 pukul 19.00 WIB
Umam, Muhammad. 2014. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematikamateri Operasi Hitung Pecahan. terdapat di: jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/ diunduh pada hari Jum’at 14 April 2017 pukul 10.30 WIB
Wahyuddin dan Ihsan, Muhammad. Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Se-Kota Makasar. Terdapat di: ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/2213. diunduh pada hari Jum’at 14 April 2017 pukul 10.30 WIB