Pengembangan media pembelajaran papan pintar aljabar untuk materi persamaan linear satu variabel
Development of papan pintar aljabar media for single variable linear equations materials
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Papan Pintar Aljabar untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah matematika pada materi Persamaan Linier Satu Variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan R & D dengan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery, Evaluations). Subjek dari penelitian ini adalah 12 siswa kelas VII SMP yang sudah mempelajari materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV). Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa lembar validasi media, validasi materi, uji kepraktisan dan angket pendapat siswa. Hasil penelitian ini (1) Media “Papan Pintar Aljabar” dinyatakan valid dari segi media dengan rata-rata persentase 88,9%, (2) Media “Papan Pintar Aljabar” valid dari segi materi dengan rata-rata persentase 95%, (3) Media “Papan Pintar Aljabar” sangat praktis digunakan dari hasil angket pendapat siswa dengan rata-rata persentase 93,425%, dan (4) Media “Papan Pintar Aljabar” sangat praktis dengan rata-rata persentase 91,17%.
Downloads
References
Anwar, N., Johar, R., & Juandi, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Open-ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Jurnal Didaktik Matematika, 2(1), 52–63.
Ariansyah, A., Sugiatno, S., & Bistari, B. (2021). Mengatasi Hambatan Belajar dalam Materi PLSV Menggunakan Desain Didaktis dengan Scaffolding di SMP. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(2), 147–159. https://doi.org/10.26418/ja.v2i2.42869
Cahyani, F. D., Idris, I., & Jalal, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifudin Jambi.
Dewi, A., & Ratu, N. (2018). Pengembangan Alper Aljabar untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Salatiga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 147–157.
Fais, M. Z., Listyarini, I., & Tsalatsa, A. N. (2019). Pengembangan Media Papin dan Koja (Papan Pintar dan Kotak Ajaib) Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 26. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17097
Febrianti, R. (2014). Identifikasi Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Terpadu Kota Bengkulu dalam Menyelesaikan Soal-soal Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Universitas Bengkulu.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).
Harsono, D. N., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Permainan Domat Card pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel. Maju, 5(1), 1–13.
Kamelia, S., & Pujiastuti, H. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif-Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 385–392. https://doi.org/10.24014/juring.v3i4.9454
Khoiriyah, S., Qonita, S. H., Lestari, M., & Rantika, T. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Matematika. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 81–89. https://doi.org/10.24127/emteka.v2i2.985
Maulida, N. A., Mulyanti, Y., & Lukman, H. S. (2022). Pengembangan Alat Peraga Papan Aljabar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 5(2), 70–78. https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1326
Mustika, C. Z. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi PSLV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1719–1728. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.624
Nasution, S. (1990). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar-Mengajar. PT Bumi Aksara.
Rachmawati, N., & Sumargiyani, S. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Konstektual pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMP. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.32332/linear.v2i1.3106
Rosmawanti, R., & Pujiastuti, H. (2020). Penerapan Alat Peraga Kupat Isabel pada Sistem Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 154–162.
Shoimah, R. N., & Syafi’aturosyidah, M. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Konkret untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III Mi Ma’arif NU Sukodadi-Lamongan. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.52166/mida.v3i1.1836
Silmi, S. A., & Anita, I. W. (2022). Pembelajaran Daring Materi PLSV Siswa Kelas VII di MTs Ibnu Sina Soreang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 139–148. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.139-148
Suciati, I. (2018). Penggunaan Media Kartu Metode Piramida pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 27–40.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Utami, S. S. (2014). Pengaruh Model Creative Problem Solving Terhadap Pemahaman Konsep Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Yulia, P. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas V SD. Seminar Pendidikan Matematika Dan Sistem Informasi, 1(1), 172–179.
Yulistina, D., & Arianti, B. D. D. (2019). E-Katalog Sebagai Sistem Informasi Pemasaran Kopi Sapit Berbasis Web. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(2), 45–52. https://doi.org/10.29408/edumatic.v3i2.1766
Zulkarnain, I., & Rahmawati, A. (2016). Model Pembelajaran Generatif untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.582
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)