Pengembangan media pembelajaran papan pintar aljabar untuk materi persamaan linear satu variabel

Development of papan pintar aljabar media for single variable linear equations materials

  • Fran Ricard Langka Universitas Kristen Satya Wacana
  • Danang Setyadi Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: ADDIE, pengembangan media, persamaan linear satu variabel, R & D

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Papan Pintar Aljabar untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah matematika pada materi Persamaan Linier Satu Variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan R & D dengan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery, Evaluations). Subjek dari penelitian ini adalah 12 siswa kelas VII SMP yang sudah mempelajari materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV). Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa lembar validasi media, validasi materi, uji kepraktisan dan angket pendapat siswa. Hasil penelitian ini (1) Media “Papan Pintar Aljabar” dinyatakan valid dari segi media dengan rata-rata persentase 88,9%, (2) Media “Papan Pintar Aljabar” valid dari segi materi dengan rata-rata persentase 95%, (3) Media “Papan Pintar Aljabar” sangat praktis digunakan dari hasil angket pendapat siswa dengan rata-rata persentase 93,425%, dan (4) Media “Papan Pintar Aljabar” sangat praktis dengan rata-rata persentase 91,17%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fran Ricard Langka, Universitas Kristen Satya Wacana

Jl. Diponegoro No.52-60, Salatiga, Sidorejo, Indonesia

Danang Setyadi, Universitas Kristen Satya Wacana

Jl. Diponegoro No.52-60, Salatiga, Sidorejo, Indonesia

References

Anwar, N., Johar, R., & Juandi, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Open-ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Jurnal Didaktik Matematika, 2(1), 52–63.

Ariansyah, A., Sugiatno, S., & Bistari, B. (2021). Mengatasi Hambatan Belajar dalam Materi PLSV Menggunakan Desain Didaktis dengan Scaffolding di SMP. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(2), 147–159. https://doi.org/10.26418/ja.v2i2.42869

Cahyani, F. D., Idris, I., & Jalal, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifudin Jambi.

Dewi, A., & Ratu, N. (2018). Pengembangan Alper Aljabar untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Salatiga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 147–157.

Fais, M. Z., Listyarini, I., & Tsalatsa, A. N. (2019). Pengembangan Media Papin dan Koja (Papan Pintar dan Kotak Ajaib) Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 26. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17097

Febrianti, R. (2014). Identifikasi Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Terpadu Kota Bengkulu dalam Menyelesaikan Soal-soal Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Universitas Bengkulu.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Harsono, D. N., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan Permainan Domat Card pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel. Maju, 5(1), 1–13.

Kamelia, S., & Pujiastuti, H. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Metakognitif-Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(4), 385–392. https://doi.org/10.24014/juring.v3i4.9454

Khoiriyah, S., Qonita, S. H., Lestari, M., & Rantika, T. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Matematika. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 81–89. https://doi.org/10.24127/emteka.v2i2.985

Maulida, N. A., Mulyanti, Y., & Lukman, H. S. (2022). Pengembangan Alat Peraga Papan Aljabar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 5(2), 70–78. https://doi.org/10.37150/jp.v5i2.1326

Mustika, C. Z. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi PSLV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1719–1728. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.624

Nasution, S. (1990). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar-Mengajar. PT Bumi Aksara.

Rachmawati, N., & Sumargiyani, S. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Konstektual pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMP. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.32332/linear.v2i1.3106

Rosmawanti, R., & Pujiastuti, H. (2020). Penerapan Alat Peraga Kupat Isabel pada Sistem Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 154–162.

Shoimah, R. N., & Syafi’aturosyidah, M. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Konkret untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Pemahaman Konsep Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas III Mi Ma’arif NU Sukodadi-Lamongan. MIDA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.52166/mida.v3i1.1836

Silmi, S. A., & Anita, I. W. (2022). Pembelajaran Daring Materi PLSV Siswa Kelas VII di MTs Ibnu Sina Soreang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 139–148. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.139-148

Suciati, I. (2018). Penggunaan Media Kartu Metode Piramida pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 27–40.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Utami, S. S. (2014). Pengaruh Model Creative Problem Solving Terhadap Pemahaman Konsep Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Yulia, P. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas V SD. Seminar Pendidikan Matematika Dan Sistem Informasi, 1(1), 172–179.

Yulistina, D., & Arianti, B. D. D. (2019). E-Katalog Sebagai Sistem Informasi Pemasaran Kopi Sapit Berbasis Web. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(2), 45–52. https://doi.org/10.29408/edumatic.v3i2.1766

Zulkarnain, I., & Rahmawati, A. (2016). Model Pembelajaran Generatif untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.582

Published
2023-07-27
How to Cite
Langka, F. R., & Setyadi, D. (2023). Pengembangan media pembelajaran papan pintar aljabar untuk materi persamaan linear satu variabel. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 335-347. https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2146
Abstract viewed = 831 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 544 times