Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional daerah Kaliwungu
Ethnomathematics exploration of traditional games in the Kaliwungu area
Abstract
Etnomatematika merupakan penghubung antara budaya dan pendidikan khususnya dalam pembelajaran matematika. Etnomatematika dapat menghubungkan peserta didik dengan ide-ide matematika dan praktik dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur matematika pada permainan tradisional daerah Kaliwungu diantaranya: permainan tradisional tikbrok, permainan tradisional lumbungan, permainan tradisional nekeran, dan permainan tradisional bekelan. Penelitian ini menggunakan metode etnografi dengan spesifikasi etnomatematika. Subjek penelitian ini adalah peserta didik, guru, dan tokoh masyarakat yang mengenal permainan tradisional dan etnomatematika yang berlaku dalam masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi atau pengamatan, wawancara, dan metode dokumenter. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) permainan tradisional tikbrok mengandung unsur matematika berupa bangun datar persegi dan persegi panjang, perhitungan dan perbandingan. (2) permainan tradisional lumbungan mengandung unsur operasi hitung dan urutan bilangan dan bentuk bangun datar lingkaran. (3) permainan tradisional nekeran mengandung unsur bilangan bulat dan unsur operasi hitung. (4) permainan tradisional bekelan mengandung unsur operasi hitung. Unsur-unsur yang ditemukan dalam permainan tradisional tersebut dapat digunakan sebagai media edukasi pembelajaran matematika, sehingga matematika dapat dipelajari dengan cara menyenangkan.
Downloads
References
Abi, A. M. (2016). Integrasi Etnomatematika dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 1–6.
Agusta, E. S. (2021). Pembelajaran Etnomatematika pada Budaya Betawi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kreativitas Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 18(1), 53–67. https://doi.org/10.54124/jlmp.v18i1.7
Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Pythagoras. SINASIS (Prosiding Seminar Nasional Sains), 2(1), 491–500.
Dahlan, J. A., & Permatasari, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 133–150. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/987
D’Ambrosio, U. (2006). Ethnomathematics. Link between traditions and modernity. Sense Publishers.
Haryanto, H., Nuham, D., Nusantara, T., Subanji, S., & Rahardjo, S. (2017). Etnomatematika Arfak (Papua Barat-Indonesia): Operasi Bilangan pada Perniagaan Masyarakat Arfak Masa Lalu. SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami), 1(1), 288–292.
Hasmawati, H., Suaedi, S., & Ma’rufi, M. (2022). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Minat Kelas 5 SDN 12 Langkanae Kota Palopo. PROXIMAL (Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika), 5(1), 98–105.
Karina, C. D., Supardi, U. s., & Suparman, I. A. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Indonesia Komunitas TGR (Traditional Games Return). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1599–1615. https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/674
Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Kontribusi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 255–262. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1107
Kusaeri, A., & Pardi, M. H. H. (2019). Matematika dan Budaya Sasak: Kajian Etnomatematika di Lombok Timur. Jurnal Elemen, 5(2), 125–139. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1044
Maulida, S. H. (2020). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Melalui Permainan Tradisional Engklek. LEMMA: Letters of Mathematics Education, 7(1), 35–44.
Nuh, Z. M., & Dardiri. (2016). Etnomatematika Dalam Sistem Pembilangan Pada Masyarakat Melayu Riau. Kutubkhanah, 19(2), 220–238.
Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405
Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana sebagai Sumber Belajar Matematika pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 4(1), 21–31.
Ramadhina, A. L., Septiana, C., Pebrianti, M., & Wahidin, W. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Konsep Pola Bilangan dalam Permainan Tradisional. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (Jumadika), 3(2), 65–69. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss2year2021page65-69
Rosikhoh, D., & Abdussakir, A. (2020). Pembelajaran Pola Bilangan melalui Permainan Tradisional Nasi Goreng Kecap. Jurnal Tadris Matematika, 3(1), 43–54. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.1.43-54
Setiyadi, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Bernuansa Etnomatematika dengan Permainan Tradisional Banyumas pada Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah, 9(1), 30–38. https://doi.org/10.31629/kiprah.v9i1.3213
Setyoningrum, D. Y., Supriyono, S., & Pangestika, R. R. (2022). Pengembangan Multimedia Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1419
Trianingsih, R. (2017). Pendidikan dalam Proses Kebudayaan yang Multikultural di Indonesia. Tarbiyatuna, 1(1), 1–12.
Turmuzi, M., Sudiarta, I. G. P., & Suharta, I. G. P. (2022). Systematic Literature Review: Etnomatematika Kearifan Lokal Budaya Sasak. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 397–413.
Wahyuni, A., & Pertiwi, S. (2017). Etnomatematika dalam ragam hias melayu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 113–118. https://doi.org/10.33654/math.v3i2.61
Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Madura. Sigma : Kajian Ilmu Pendidikan Matematika, 2(2011), 35–40.
Zulaekhoh, D., & Hakim, A. R. (2021). Analisis Kajian Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika Merujuk Budaya Jawa. JPT (Jurnal Pendidikan Tematik), 2(2), 216–226.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)