Pembelajaran matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tipe slow learners

  • Muhammad Hairul Saleh STKIP PGRI Banjarmasin
  • Dina Huriaty STKIP PGRI Banjarmasin
  • Arifin Riadi STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Pembelajaran Matematika, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Kelas Inklusif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika pada anak berkebutuhan khusus di kelas inklusif SMPN 5 Banjarbaru. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru matematika, GPK dan siswa ABK. Sedangkan objek penelitian ini adalah proses pembelajaran matematika pada materi lingkaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini antara lain sebelum pembelajaran berlangsung, guru matematika telah menyiapkan RPP, silabus, media pembelajaran dan buku paket sebagai sumber belajar. GPK hanya bertugas menyiapkan media, sumber belajar dan siswa ABK slow learners itu sendiri. Dalam pelaksanaan pembelajaran Guru matematika menyiapkan siswa secara psikis dan fisik, memberitahukan materi yang akan dibahas dan mengajukan beberapa pertanyaan, serta menggunakan beragam pendekatan. Guru matematika memfasilitasi terjadinya interaksi di dalam kelas, serta selalu memantau dan membimbing ABK, kemudian bersama seluruh siswa membuat rangkuman atau kesimpulan pelajaran dan melakukan penilaian untuk seluruh siswa, serta memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. GPK bertugas menjelaskan kembali kepada siswa ABK slow learners tentang apa saja yang disampaikan guru matematika di depan kelas,serta bertugas menilai siswa ABK. Setelah pembelajaran berakhir Guru matematika dan GPK menyampaikan materi selanjutnya, rencana pembelajaran berikutnya dan memberikan tugas kepada siswa biasa dan siswa ABK.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dina Huriaty, STKIP PGRI Banjarmasin

Dosen Prodi Pendidikan Matematika

Arifin Riadi, STKIP PGRI Banjarmasin

Dosen Prodi Pendidikan Matematika

References

Hasratuddin. 2014. Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter, Jurnal Didaktik Matematika, (Online), Vol.1,No.2, (http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/2075, diakses 28 November 2016)

Kustawan, Dedy. 2012. Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media

Majid, Abdul.2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Ngadimun et.al. 2013. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Propinsi Kalimantan Selatan. Banjarmasin: Dinas Pendidikan Kalimantan Selatan Pokja Pendidikan Inklusif

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. 2013. (Online), Jakarta:Pemerintah, (https://www.slideshare.net/iwansukma/pp-no-32-tahun-2013-tentang-standar-nasional-pend, diakses 13 Juni 2017)

Setyowati, Liling Kristin. 2014. Analisis Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Belajar Matematika di Kelas Inklusi (Penelitian Dilaksanakan Di SMK N 9 Surakarta. (Online), Surakarta: FKIP Universitas Muhamadiyah Surakarta, (http://eprints.ums.ac.id/28712/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf, diakses 21 November 2016)
Published
2017-08-30
How to Cite
Saleh, M. H., Huriaty, D., & Riadi, A. (2017). Pembelajaran matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tipe slow learners. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 84-92. https://doi.org/10.33654/math.v3i2.58
Section
Penelitian
Abstract viewed = 817 times
PDF downloaded = 466 times