Pembelajaran matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tipe slow learners
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika pada anak berkebutuhan khusus di kelas inklusif SMPN 5 Banjarbaru. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru matematika, GPK dan siswa ABK. Sedangkan objek penelitian ini adalah proses pembelajaran matematika pada materi lingkaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini antara lain sebelum pembelajaran berlangsung, guru matematika telah menyiapkan RPP, silabus, media pembelajaran dan buku paket sebagai sumber belajar. GPK hanya bertugas menyiapkan media, sumber belajar dan siswa ABK slow learners itu sendiri. Dalam pelaksanaan pembelajaran Guru matematika menyiapkan siswa secara psikis dan fisik, memberitahukan materi yang akan dibahas dan mengajukan beberapa pertanyaan, serta menggunakan beragam pendekatan. Guru matematika memfasilitasi terjadinya interaksi di dalam kelas, serta selalu memantau dan membimbing ABK, kemudian bersama seluruh siswa membuat rangkuman atau kesimpulan pelajaran dan melakukan penilaian untuk seluruh siswa, serta memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. GPK bertugas menjelaskan kembali kepada siswa ABK slow learners tentang apa saja yang disampaikan guru matematika di depan kelas,serta bertugas menilai siswa ABK. Setelah pembelajaran berakhir Guru matematika dan GPK menyampaikan materi selanjutnya, rencana pembelajaran berikutnya dan memberikan tugas kepada siswa biasa dan siswa ABK.
Downloads
References
Kustawan, Dedy. 2012. Pendidikan Inklusif dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima Metro Media
Majid, Abdul.2011. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Ngadimun et.al. 2013. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Propinsi Kalimantan Selatan. Banjarmasin: Dinas Pendidikan Kalimantan Selatan Pokja Pendidikan Inklusif
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. 2013. (Online), Jakarta:Pemerintah, (https://www.slideshare.net/iwansukma/pp-no-32-tahun-2013-tentang-standar-nasional-pend, diakses 13 Juni 2017)
Setyowati, Liling Kristin. 2014. Analisis Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Belajar Matematika di Kelas Inklusi (Penelitian Dilaksanakan Di SMK N 9 Surakarta. (Online), Surakarta: FKIP Universitas Muhamadiyah Surakarta, (http://eprints.ums.ac.id/28712/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf, diakses 21 November 2016)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)