Partisipasi siswa pada pembelajaran matematika SMA menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning)

  • Mayang Gadih Ranti STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Contextual Teaching and Learning, Partisipasi Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching & Learning) dapat meningkatkan partisipasi siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Depok pada materi Peluang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Observasi Partisipasi Siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching & Learning) dapat meningkatkan partisipasi siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Depok dari kategori cukup ke tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mayang Gadih Ranti, STKIP PGRI Banjarmasin

Dosen Prodi Pendidikan Matematika

References

Booker, George. et. al. (2009). Teaching Primary Mathematics. Australis: Prentice Hall.

Burhanuddin dan Wahyudi. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Sleman : Ar-ruzz Media.

Chambers. (2008). Teaching Mathematics Developing as a Reflective Seconday Teacher. London : SAGE.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Haylock, Derek and Fiona Thangata. (2007). Key Concepts in Teaching Primary Mathematics. London: SAGE Publication, Ltd.

Ing, M., Webb, N.M., Franke, M.L. et al. (2015). Student Participation in elementary mathematics classroom: the missing link between teacher practices and student achievement?. Educational Studies in Mathematics. Volume 90, Issue 3, pp 341-356.

Killen, Roy. (2009). Effective Teaching Strategies, Lesson from research and practice. Melbourne : Thomson.

Lack, Brian. S. (2010). Student Participation in Mathematics Discourse in a standards-based middle Grades Classroom. Georgia State University.

Pritchard, Alan and John Woolard. (2010). Psychology for the Classroom: Constructivsm and Social Learning. London: Routledge.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sugiyanto. (2010). Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta : Yuma Pustaka.

Watson & Mason. (2005). Mathematics as constructive activity, Learners generating examples. New Jersey : Lawrence Erlbaum Associates.
Published
2016-04-30
How to Cite
Ranti, M. G. (2016). Partisipasi siswa pada pembelajaran matematika SMA menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 41-46. https://doi.org/10.33654/math.v2i1.26
Section
Penelitian
Abstract viewed = 537 times
PDF downloaded = 346 times