Partisipasi siswa pada pembelajaran matematika SMA menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching & Learning) dapat meningkatkan partisipasi siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Depok pada materi Peluang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Observasi Partisipasi Siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching & Learning) dapat meningkatkan partisipasi siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Depok dari kategori cukup ke tinggi.
Downloads
References
Burhanuddin dan Wahyudi. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Sleman : Ar-ruzz Media.
Chambers. (2008). Teaching Mathematics Developing as a Reflective Seconday Teacher. London : SAGE.
Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Haylock, Derek and Fiona Thangata. (2007). Key Concepts in Teaching Primary Mathematics. London: SAGE Publication, Ltd.
Ing, M., Webb, N.M., Franke, M.L. et al. (2015). Student Participation in elementary mathematics classroom: the missing link between teacher practices and student achievement?. Educational Studies in Mathematics. Volume 90, Issue 3, pp 341-356.
Killen, Roy. (2009). Effective Teaching Strategies, Lesson from research and practice. Melbourne : Thomson.
Lack, Brian. S. (2010). Student Participation in Mathematics Discourse in a standards-based middle Grades Classroom. Georgia State University.
Pritchard, Alan and John Woolard. (2010). Psychology for the Classroom: Constructivsm and Social Learning. London: Routledge.
Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sugiyanto. (2010). Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta : Yuma Pustaka.
Watson & Mason. (2005). Mathematics as constructive activity, Learners generating examples. New Jersey : Lawrence Erlbaum Associates.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)