Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan strategi writing to learn pada siswa SMP
Abstract
Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal cerita dalam matematika tergolong masih rendah. Siswa cenderung kesulitan mengungkapkan ide-ide yang mereka miliki dalam menyelesaikan soal. Dengan kata lain kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII C SMPN 1 Martapura dengan pembelajaran menggunakan strategi writing to learn. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas mengacu pada model Kurt-Lewin, yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan
(action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Subyek adalah siswa kelas VIIIC SMPN 1 Martapura yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan dokumentasi, dan Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi writing to learn dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dari kategori cukup ke kategori baik.
Downloads
References
Chambers, Paul. 2008. Teaching Mathematics : Developing as a Reflective Secondary Teacher. London. SAGE.
Linn, Louise. 2004. Using Journal Writing To Explore “They Communicate to Learn Mathematics and They Learn to Communicate Mathematically.
McIntosch, Margaret E. & Roni Jo Draper. 2001. Using Learning Logs in Mathematics: Writing to Learn, Mathematics Teacher. NCTM
Russek, Bernadeth. (1998). Writing to Learn Mathematics. http://wac.colostate.edu/journal/vol9/russek.pdf
Syaban, Mumun. 2010. Menumbuhkembangkan Daya Matematis Siswa http://educare.e-fkipunla.net/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=62.
Sumarmo, Utari. 2004. Keterampilan Membaca Matematika Pada Sekolah Menengah Atas. http://www.docstoc.com/docs/28240951/PEMBELAJARAN-.KETERAMPILAN MEMBACA-MATEMATIKA, diakses pada tanggal 9 November 2010)
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung, Alfabeta
Tim Penyusun. Pedoman Penulisan Skripsi. 2010. Banjarmasin: STKIP PGRI Banjarmasin.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)