Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan strategi writing to learn pada siswa SMP

  • Mayang Gadih Ranti STKIP PGRI Banjarmasin

Abstrak

Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal cerita dalam matematika tergolong masih rendah. Siswa cenderung kesulitan mengungkapkan ide-ide yang mereka miliki dalam menyelesaikan soal. Dengan kata lain kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII C SMPN 1 Martapura dengan pembelajaran menggunakan strategi writing to learn. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas mengacu pada model Kurt-Lewin, yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan
(action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Subyek adalah siswa kelas VIIIC SMPN 1 Martapura yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan dokumentasi, dan Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi writing to learn dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dari kategori cukup ke kategori baik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Burns, Marylin. 1995. Writing in Math Class : A Resource for Grade 2 – 8. Sausalito: Math Solution Publication

Chambers, Paul. 2008. Teaching Mathematics : Developing as a Reflective Secondary Teacher. London. SAGE.

Linn, Louise. 2004. Using Journal Writing To Explore “They Communicate to Learn Mathematics and They Learn to Communicate Mathematically.

McIntosch, Margaret E. & Roni Jo Draper. 2001. Using Learning Logs in Mathematics: Writing to Learn, Mathematics Teacher. NCTM

Russek, Bernadeth. (1998). Writing to Learn Mathematics. http://wac.colostate.edu/journal/vol9/russek.pdf
Syaban, Mumun. 2010. Menumbuhkembangkan Daya Matematis Siswa http://educare.e-fkipunla.net/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=62.

Sumarmo, Utari. 2004. Keterampilan Membaca Matematika Pada Sekolah Menengah Atas. http://www.docstoc.com/docs/28240951/PEMBELAJARAN-.KETERAMPILAN MEMBACA-MATEMATIKA, diakses pada tanggal 9 November 2010)

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung, Alfabeta

Tim Penyusun. Pedoman Penulisan Skripsi. 2010. Banjarmasin: STKIP PGRI Banjarmasin.
Diterbitkan
2015-08-30
Bagian
Research
Abstrak viewed = 565 times
PDF (English) downloaded = 492 times