Hasil belajar matematika dan tingkat berpikir kreatif siswa SMP dalam pembelajaran berbasis masalah yang terintegrasi pendekatan saintifik
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah yang terintegrasi pendekatan saintifik terhadap hasil belajar dan tingkat berpikir kreatif siswa. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pendekatan pretest and posttest two group design, sedangkan populasi dalam penelitian ini yaitu kelas 7 dengan sampel yang terambil yaitu 7A dan 7B di SPN 22 Banjarmasin. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa (1) tidak terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah yang terintegrasi pendekatan saintifik terhadap hasil belajar matematika siswa; (2) terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah yang terintegrasi pendekatan saintifik terhadap tingkat berpikir kreatif matematika siswa.
Downloads
References
Arends, Richard. 2012. Learning to Teach: Nineth Edition. USA: Mcgraw-Hill Companies Inc.
Barret, Terry (2005). Understanding Problem Based Learning. (Online). Tersedia: http://www.nuigalway.ie/celt/pblbook/chapter2.pdf [1 Desember 2007]
Depdiknas. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Herman, Tatang. "Pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP." Jurnal Cakrawala Pendidikan. th XXVI. Nomor 1 (2007).
Krathwol & Anderson. 2002. A Revision of Bloom Taxonomy: an Overview. United States: The. H.W. Wilsson Company.
Krulik, S., Rudnick, J & Milou, E. 2003. Teaching Mathematics in Middle School: A Practical Guide. New York: Pearson Education.
Martin, Michael O., Mullis, Ina V.S., Foy, Pierre. & Stanco, Gabrielle M. 2012. TIMSS 2011 International Results in Science. USA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Lynch School of Education.
MacMath, S., Wallace, J., & Chi, X. (2009). Problem Based Leaning in Mathematics: A Tool for Developing Students' Conceptual Knowledge. Literacy and Numeracy Secretariat and The Ontario Assosiation of Deans of Education.
Mullis, Ina V.S., Martin, Michael O., Foy, Pierre. & Arora, Alka. 2012. TIMSS 2011 International Results in Mathematics. USA: TIMSS & PIRLS International Study Center, Lynch School of Education.
NCTM. 2003. Mathematics Assesment: A Practical Handbook for Grades 6-8. USA: NCTM Inc.
Silver, Edward A. 1997. Fostering Creativity Through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Thinking in Problem. International Reviews on Mathematical Education, 29(3): 75-80.
Silver, C.E.H. 2004. Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn. Educational Psychology Review, Vol 16, No. 3. (Online), Tersedia: http://www.seattleimplementation.org/wp-content/uploads/2011/12/Hmelo-Silver-problem-based-learning-2004.pdf [22 Mei 2014].
Siswono, Tatag YE. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Siswono, Tatag YE. "Level of Student's Creative Thinking in Classroom Mathematics." Educational Research and Reviews 6.7 (2011): 548-553.
The Organisation for Economic Co-operation and Development. 2014. PISA 2012 Results in Focus: What 15-Year-Olds Know and What They Can Do with What They Know.
Widjajanti, Djamilah Bondan. 2011. Problem Based Learning dan Contoh Implementasinya. Makalah Universitas Negeri Yogyakarta.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)