Pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin

  • Abdul Jabar STKIP PGRI Banjarmasin
  • Indah Budiarti STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Kreativitas, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Dalam proses pembelajaran di sekolah, siswa akan kesulitan menyelesaikan suatu masalah berupa soal-soal yang baru yang dituntut penyelesaiannya dengan cara baru yang membutuhkan adanya kreativitas.. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh signifikan kreativitas terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin tahun ajaran 2015/2016 Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional dan expost facto dengan pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin tahun ajaran 2015/2016.. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data menggunakan SPSS.Hasil Penelitian yaitu Tidak Terdapat pengaruh signifikan  kreativitas terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin tahun ajaran 2015/2016.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Abdul Jabar, STKIP PGRI Banjarmasin

Dosen Prodi Pendidikan Matematika

Indah Budiarti, STKIP PGRI Banjarmasin

Dosen Prodi Pendidikan Matematika

References

Abdussalam Al-khalili. 2005. Amal, Pengembangan kreatifitas anak, (Hj Umma Farida, terjemahan). Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Arikunto, Suharsimi. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi . 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Chandra, Julius. 1994. Kreatifitas, Bagaimana menanam, Membangun dan Mengembangkannya Yogyakarta:Kanisius.

DePotter, Bobbi , Mike Hernacki. 1999. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Hurlock, Elizabeth B. 2002. Perkembangan Anak Jilid 2 (Meitasari Tjandrasa. Terjemahan).Jakarta: Erlangga.

Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Cetakan ke-11 Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution. 1982. Didaktik Azas-Azas Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Purwanto M, Ngalim. 2003. Psikologi Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Semiawan, Conny. 1997. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2003. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Rosda Karya.

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Sudijono, Anas .2008. Pengantar Statistik pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Bandung: CV Alfa Beta.

Tim Penulis Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Usman, Husaini. 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2016-08-30
How to Cite
Jabar, A., & Budiarti, I. (2016). Pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 85-90. https://doi.org/10.33654/math.v2i2.32
Section
Research
Abstract viewed = 337 times
PDF downloaded = 704 times