Kaitan antara self-efficacy siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis

The relationship between students' self-efficacy and mathematical problem-solving abilities

  • Fikri Mudzakin Institut Pendidikan Indonesia
  • Rostina Sundayana Institut Pendidikan Indonesia
  • Tina Sri Sumartini Institut Pendidikan Indonesia
  • Ekasatya Aldila Afriansyah Institut Pendidikan Indonesia
Keywords: hubungan, self-efficacy, pemecahan masalah matematis

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara self-efficacy matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan metode survei yang dikombinasikan dengan teknik analisis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri. Sampel penelitian menggunakan teknik purposeful random sampling pada siswa kelas VIII SMP Kelas A. Pengumpulan data menggunakan metode survei kuesioner, dan analisis kuantitatif data dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya kaitan antara self-efficacy matematis siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fikri Mudzakin, Institut Pendidikan Indonesia

Jalan Pahlawan No. 32 Tarogong Kidul Garut

Rostina Sundayana, Institut Pendidikan Indonesia

Jalan Pahlawan No. 32 Tarogong Kidul Garut

Tina Sri Sumartini, Institut Pendidikan Indonesia

Jalan Pahlawan No. 32 Tarogong Kidul Garut

Ekasatya Aldila Afriansyah, Institut Pendidikan Indonesia

Jalan Pahlawan No. 32 Tarogong Kidul Garut

References

Adiwijayanti, D.D, dkk. (2019). Pengaruh Hafalan Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MTs. SQUARE: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(2), 109-116. http://dx.doi.org/10.21580/square.2019.1.2.4771

Arlotas, R.K. dan Mustika, R. (2019). Lupa, dalam Psikologi Belajar dan Islam. Psyche: Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung, 1(1). https://doi.org/10.36269/psyche.v1i1.72

Aryati, A. dkk. (2020). Pengaruh Hafalan Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(1). https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1312

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press)

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Jurnal Intelektualita, 3(1). https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/197

Kamal, M. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Program Menghafal Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Tadarus/article/download/918/pdf

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1). https://core.ac.uk/download/pdf/228447696.pdf

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2018). Al-Qur’an dan Terjemahannya disertai Tema Penjelas Kandungan Ayat. Jakarta: CV. Al Mubarok

Khotimah, S.H. (2019). Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur’an dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Hikmah, XV(2). https://journal.alhikmahjkt.ac.id/index.php/HIKMAH/article/download/137/101

Mu’min, S.A. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jurnal Al-Ta’dib, 6(1). https://media.neliti.com/media/publications/235758-teori-perkembangan-kognitif-jean-piaget-48cba26e.pdf

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, S. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2013). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Winkel. (2014). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Sketsa
Published
2022-08-30
How to Cite
Mudzakin, F., Sundayana, R., Sumartini, T. S., & Afriansyah, E. A. (2022). Kaitan antara self-efficacy siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 110-118. https://doi.org/10.33654/math.v8i2.1845
Abstract viewed = 42 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 30 times

Most read articles by the same author(s)