Kaitan antara self-efficacy siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis
The relationship between students' self-efficacy and mathematical problem-solving abilities
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara self-efficacy matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan metode survei yang dikombinasikan dengan teknik analisis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri. Sampel penelitian menggunakan teknik purposeful random sampling pada siswa kelas VIII SMP Kelas A. Pengumpulan data menggunakan metode survei kuesioner, dan analisis kuantitatif data dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya kaitan antara self-efficacy matematis siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis.
Downloads
References
Arlotas, R.K. dan Mustika, R. (2019). Lupa, dalam Psikologi Belajar dan Islam. Psyche: Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung, 1(1). https://doi.org/10.36269/psyche.v1i1.72
Aryati, A. dkk. (2020). Pengaruh Hafalan Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(1). https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1312
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press)
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Jurnal Intelektualita, 3(1). https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/197
Kamal, M. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Program Menghafal Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Tadarus/article/download/918/pdf
Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1). https://core.ac.uk/download/pdf/228447696.pdf
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2018). Al-Qur’an dan Terjemahannya disertai Tema Penjelas Kandungan Ayat. Jakarta: CV. Al Mubarok
Khotimah, S.H. (2019). Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur’an dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Hikmah, XV(2). https://journal.alhikmahjkt.ac.id/index.php/HIKMAH/article/download/137/101
Mu’min, S.A. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jurnal Al-Ta’dib, 6(1). https://media.neliti.com/media/publications/235758-teori-perkembangan-kognitif-jean-piaget-48cba26e.pdf
Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, S. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2013). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Winkel. (2014). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Sketsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)