Pengaruh literasi digital terhadap kemandirian belajar matematika siswa
The influence of digital literacy on students' independent learning mathematics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meninjau pengaruh literasi digital terhadap kemandirian belajar matematika siswa. Literasi digital didefinisikan sebagai kemampuan untuk menggunakan teknologi digital dengan efektif dan efisien untuk menemukan, mengevaluasi dan mengkomunikasikan informasi. Kemandirian belajar matematika adalah kemampuan siswa untuk belajar secara mandiri dan mengelola proses pembelajaran mereka sendiri. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Rancabango Garut yang berjumlah 80 siswa, kemudian diambil sampel sebanyak 30 siswa dengan teknik Simple Random Sampling. Melalui metode kuantitatif, penelitian ini menemukan bahwa literasi digital memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemandirian belajar matematika siswa. Siswa yang memiliki tingkat literasi digital yang tinggi lebih cenderung untuk memiliki kemandirian belajar matematika yang baik, karena mereka dapat menggunakan teknologi digital untuk mencari informasi, mengevaluasi dan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang materi matematika.
Downloads
References
Abdulatif, S. (2021). Dampak Pandemi Terhadap Eksistensi Pendidikan di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1567–1570.
Ameliah, R., Negara, R. A., Minarto, B., Manurung, T. M., & Akbar, M. (2022). Status Literasi Digital di Indonesia 2022.
Arrajiv, D. A., Arifah, M. B. B., Wahyuningsih, T., Kartini, K., & Rahmawati, L. E. (2021). Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau dari Implementasi Literasi Digital Siswa SMA Negeri 2 Sukoharjo. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.23917/blbs.v3i1.14278
Bawden, D. (2001). Information and Digital Literacies: A Review of Concepts. Journal of Documentation, 57(2), 218–259. http://hdl.handle.net/10150/105803
Borup, J., Graham, C. R., West, R. E., Archambault, L., & Spring, K. J. (2020). Academic Communities of Engagement: An Expansive Lens for Examining Support Structures in Blended and Online Learning. Educational Technology Research and Development, 68(2), 807–832. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09744-x
Davies, A., Veličković, P., Buesing, L., Blackwell, S., Zheng, D., Tomašev, N., Tanburn, R., Battaglia, P., Blundell, C., Juhász, A., Lackenby, M., Williamson, G., Hassabis, D., & Kohli, P. (2021). Advancing Mathematics by Guiding Human Intuition with AI. Nature, 600, 70–74. https://doi.org/10.1038/s41586-021-04086-x
Falloon, G. (2020). From Digital Literacy to Digital Competence: The Teacher Digital Competency (TDC) Framework. Educational Technology Research and Development, 68(5), 2449–2472. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09767-4
Ghomi, M., & Redecker, C. (2019). Digital Competence of Educators (DigCompEdu): Development and Evaluation of a Delf-assessment Instrument for Teachers’ Digital Competence. CSEDU 2019 - Proceedings of the 11th International Conference on Computer Supported Education, 1, 541–548. https://doi.org/10.5220/0007679005410548
Gilster, P., & Watson, T. (1999). Digital Literacy. Wiley Computer.
Hamidah, H., Junaedi, I., Mulyono, M., & Kusuma, J. W. (2021). Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Jepang dan di Indonesia. JPM (Jurnal Pendidikan Matematika), 7(2), 95–105.
Hussein, E., Daoud, S., Alrabaiah, H., & Badawi, R. (2020). Exploring Endergraduate Students’ Attitudes Towards Emergency Online Learning During COVID-19: A Case from the UAE. Children and Youth Services Review, 119, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105699
Larasati, I., Joharman, J., & Salimi, M. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Buluspesantren. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 125–135.
Lestari, L., & Afriansyah, E. A. (2022). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita tentang Bangun Ruang Sisi Lengkung Menggunakan Prosedur Newman. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 1(2), 125–138. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/powermathedu
Maass, K., Geiger, V., Ariza, M. R., & Goos, M. (2019). The Role of Mathematics in Interdisciplinary STEM Education. ZDM - Mathematics Education, 51(6), 869–884. https://doi.org/10.1007/s11858-019-01100-5
NCTM. (2000). Executive Summary: Principles and Standards for School Mathematics Overview.
Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48–64.
Puspitasari, N., Sofyan, D., Sundayana, R., Nuraeni, R., & Luritawaty, I. P. (2021, July 11). Enhancing Posing-Problem Skill in Linear Program by GeoGebra-Assisted. ICONISTECH 2019.
Rini, R., Mujiyati, M., Sukamto, I., & Hariri, H. (2022). The Effect of Self-Directed Learning on Students’ Digital Literacy Levels in Online Learning. International Journal of Instruction, 15(3), 329–344. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15318a
Sheppard, M. E., & Wieman, R. (2020). What Do Teachers Need? Math and Special Education Teacher Educators’ Perceptions of Essential Teacher Knowledge and Experience. Journal of Mathematical Behavior, 59(100798), 1–11. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2020.100798
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Somawati, S. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 135–145. https://doi.org/10.30738/union.v10i2.12231
Sudyana, D. K., & Surawati, N. M. (2021). Analisis Penerapan Literasi Digital dalam Menciptakan Kemandirian Belajar Siswa Hindu di Masa Pandemi Covid 19. WIDYANATYA, 3(1), 1–5.
Wahyuni, A., Sari, N. K., & Sutrisno, T. (2021). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 02 Ngadiluwih Kecamatan Matesih Kabupaten Karangayar Tahun Pelajaran 2020/2021. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 118–124.
Woi, M. F., & Prihatni, Y. (2019). Hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Teacher in Educational Research, 1(1), 1–8.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)