Pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan koneksi matematis siswa

The effect of mathematical disposition on students' mathematical connection abilities

  • Astria Pebriani Institut Pendidikan Indonesia
  • Tina Sri Sumartini Institut Pendidikan Indonesia
  • Nitta Puspitasari Institut Pendidikan Indonesia
Keywords: disposisi matematis, koneksi matematis

Abstract

Penelitian kuantitatif menggunakan metode korelasional ini bermaksud untuk menganalisis sebesar apa pengaruh disposisi matematis terhadap Kemampuan Koneksi Matematis (KKM). Populasinya ialah seluruh siswa XI MIPA SMAN 16 Garut, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive dengan sampel sebanyak 32 siswa. Data diperoleh dari tes koneksi matematis berupa soal uraian pada materi persamaan lingkaran dengan 7 soal mengukur KKM dan 32 pernyataan pada angket guna menilai disposisi matematis. Data diolah dengan perangkat lunak SPSS versi 26, melalui uji korelasi rank Spearman, lalu hasil penelitian diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rendahnya KKM dipengaruhi oleh disposisi matematis. Namun disposisi matematis bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhinya, akibatnya perlu penelitian lanjutan demi memperoleh penyebab lain yang juga mempengaruhi KKM.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Astria Pebriani, Institut Pendidikan Indonesia

Jalan Pahlawan No. 32 Tarogong Kidul Garut

Tina Sri Sumartini, Institut Pendidikan Indonesia

Jalan Pahlawan No. 32 Tarogong Kidul Garut

Nitta Puspitasari, Institut Pendidikan Indonesia

Jalan Pahlawan No. 32 Tarogong Kidul Garut

References

Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan, 2(2), 127–133. http://umbidharma.org/jipp

Choridah, D. T. (2013). Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif Serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Infinity, 2(2), 194–202.

Fendrik, M. (2019). Pengembangan Kemampuan Koneksi Matematis dan Habits of Mind pada Siswa. Penerbit Media Sahabat Cendekia.

Fernandes, A. A. R., & Solimun, S. (2021). Analisis Regresi dalam Pendekatan Fleksibel (Ilustrasi dengan Paket Program R). Universitas Brawijaya Press.

Ghodang, H., & Hantono, H. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Konsep Dasar & Aplikasi Analisis Regresi dan Jalur Dengan SPSS). PT. Penerbit Mitra Grup.

Hamdani, M. F., & Nurdin, E. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Minat Belajar Siswa. Journal for Research in Mathematics Learning, 3(3), 275–282.

Isrok’atun, I., Nurhasanah, A., & Syahid, A. A. (2020). Creative Problem Solving dan Disposisi Matematis dalam Situation-Based Learning. UPI Sumedang Press.

Kenedi, A. K., Sari, I. K., Ahmad, S., Ningsih, Y., & Zainil, M. (2019). Mathematical Connection Ability of Elementary School Student in Number Materials. Journal of Physics: Conference Series, 1321, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022130

Kurniawan, A., & Kadarisma, G. (2020). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(2), 99–108. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p99-108

Mahmudi, A., & Saputro, B. A. (2016). Analisis Pengaruh Disposisi Matematis, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Persepsi pada Kreativitas terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Mosharafa, 5(3), 205–212.

Prihanti, G. S. (2018). Pengantar Biostatistik. Universitas Muhammadiyah Malang.

Puspitasari, N. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis, Mengajukan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Metakognitif dengan Strategi PQ4R [Doctoral Thesis]. Universitas Pendidikan Indonesia.

Seran, S. (2020). Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Sosial - Google Books. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Ekonomi_Dan_Sosial/KB3sDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pedoman+analisis+rank+spearman&pg=PA174&printsec=frontcover

Sundayana, R. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan (2nd ed.). Alfabeta.

Susanty, A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan NCTM Siswa SMA Kelas X IPA pada Materi Eksponen dan Logaritma. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 870–876.

Published
2022-04-30
How to Cite
Pebriani, A., Sumartini, T. S., & Puspitasari, N. (2022). Pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 71-79. https://doi.org/10.33654/math.v8i1.1792
Abstract viewed = 24 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 13 times