Pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan koneksi matematis siswa
The effect of mathematical disposition on students' mathematical connection abilities
Abstract
Penelitian kuantitatif menggunakan metode korelasional ini bermaksud untuk menganalisis sebesar apa pengaruh disposisi matematis terhadap Kemampuan Koneksi Matematis (KKM). Populasinya ialah seluruh siswa XI MIPA SMAN 16 Garut, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive dengan sampel sebanyak 32 siswa. Data diperoleh dari tes koneksi matematis berupa soal uraian pada materi persamaan lingkaran dengan 7 soal mengukur KKM dan 32 pernyataan pada angket guna menilai disposisi matematis. Data diolah dengan perangkat lunak SPSS versi 26, melalui uji korelasi rank Spearman, lalu hasil penelitian diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rendahnya KKM dipengaruhi oleh disposisi matematis. Namun disposisi matematis bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhinya, akibatnya perlu penelitian lanjutan demi memperoleh penyebab lain yang juga mempengaruhi KKM.
Downloads
References
Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan, 2(2), 127–133. http://umbidharma.org/jipp
Choridah, D. T. (2013). Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif Serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Infinity, 2(2), 194–202.
Fendrik, M. (2019). Pengembangan Kemampuan Koneksi Matematis dan Habits of Mind pada Siswa. Penerbit Media Sahabat Cendekia.
Fernandes, A. A. R., & Solimun, S. (2021). Analisis Regresi dalam Pendekatan Fleksibel (Ilustrasi dengan Paket Program R). Universitas Brawijaya Press.
Ghodang, H., & Hantono, H. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Konsep Dasar & Aplikasi Analisis Regresi dan Jalur Dengan SPSS). PT. Penerbit Mitra Grup.
Hamdani, M. F., & Nurdin, E. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Minat Belajar Siswa. Journal for Research in Mathematics Learning, 3(3), 275–282.
Isrok’atun, I., Nurhasanah, A., & Syahid, A. A. (2020). Creative Problem Solving dan Disposisi Matematis dalam Situation-Based Learning. UPI Sumedang Press.
Kenedi, A. K., Sari, I. K., Ahmad, S., Ningsih, Y., & Zainil, M. (2019). Mathematical Connection Ability of Elementary School Student in Number Materials. Journal of Physics: Conference Series, 1321, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022130
Kurniawan, A., & Kadarisma, G. (2020). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(2), 99–108. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p99-108
Mahmudi, A., & Saputro, B. A. (2016). Analisis Pengaruh Disposisi Matematis, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Persepsi pada Kreativitas terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Mosharafa, 5(3), 205–212.
Prihanti, G. S. (2018). Pengantar Biostatistik. Universitas Muhammadiyah Malang.
Puspitasari, N. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis, Mengajukan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Metakognitif dengan Strategi PQ4R [Doctoral Thesis]. Universitas Pendidikan Indonesia.
Seran, S. (2020). Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Sosial - Google Books. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Ekonomi_Dan_Sosial/KB3sDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pedoman+analisis+rank+spearman&pg=PA174&printsec=frontcover
Sundayana, R. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan (2nd ed.). Alfabeta.
Susanty, A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan NCTM Siswa SMA Kelas X IPA pada Materi Eksponen dan Logaritma. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 870–876.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)