Problem based learning
Solusi pembelajaran matematika yang pasif
Abstract
Setiap pendidikan pasti melibatkan pemecahan masalah atau rencana untuk menyelesaikan masalah. Ketika seorang guru merumuskan masalah, memberikan fakta, dan prosedur penyelesaian masalah kepada siswa tanpa memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan nalar dan penyelidikan, siswa mungkin mengingat materi tersebut tetapi tidak akan benar-benar mengerti. Oleh karena itulah, Problem Based Learning (PBL) menyediakan struktur untuk membantu siswa dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi tidak pasif. Tulisan ini merupakan kajian pustaka dari hasil penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 3 Banjarmasin tahun 2016 yaitu tentang keefektifan model pembelajaran PBL dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal dan kepercayan diri siswa.
Downloads
References
Chambers, P. (2008). Teaching mathematics. London: SAGE Publications Ltd.
Delisle, R. (1977). How to Use Problem Based Learning in The Classroom. Virginia: ASCD.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hewitt, D., (2008). Understanding Effective Learning: Strategies for The Classroom. London: The Mc Graw. Hill Companies.
Menteri. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22.
Parson, S., Croft, T. & Harrison, M. (2011). Engineering Students Self-Confidence in Mathematics mapped Onto Bandura’s Self Efficacy. Engineering Education. Vol: 6issue 1, pp: 52-61.
Saufi, M. & Putri, A. A (2013). Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan dalam Konferensi Nasional Pendidikan Matematika V, di Universitas Negeri Malang.
Skemp, Richard R. 1971. The Psychology of Learning Mathematics. Harmondsworth: Penguin Books Ltd.
Zimmerman, B. J., Bonner, S. & Kovach, R. (1996). Developing Self-Regulated Learners Beyond Achievement to Self-Efficacy (Psychology in The Classroom). USA: American Psychological Association).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)