Mengembangkan kecerdasan interpersonal dan kepercayaan diri siswa melalui efektivitas model pembelajaran PBL

  • M. Saufi STKIP PGRI Banjarmasin
  • Muhammad Royani STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Problem-Based Learning (PBL), Kecerdasan Interpersonal, Kepercayaan Diri

Abstract

Penelitian ini berjudul “Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal dan Kepercayaan Diri Siswa melalui Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)”. Kecerdasan interpersonal termasuk dalam jenis kecerdasan majemuk. Tidak semua siswa yang memiliki kecerdasan ini. Oleh karena itu, seorang guru perlu untuk memahami dan mengembangkan potensi siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal ini. Kecerdasan interpersonal juga berhubungan erat dengan emosi seseorang sehingga kecerdasan ini berhubungan erat dengan kepercayaan diri siswa. Penelitian dilakukan pada siswa dari dua kelas yang memiliki kemampuan setara dengan model pembelajaran yang berbeda. Kelas pertama merupakan kelas eksperimen diberikan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran problem based learning (PBL), sedangkan kelas kedua merupakan kelas kontrol yang diberikan model pembelajaran konvensional. Hal ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan dari model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa dan kepercayaan diri siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa siswa yang diajar dengan model pembelajaran PBL mempunyai hasil belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional ditinjau dari kecerdasan interpersonal dan kepercayaan diri siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

M. Saufi, STKIP PGRI Banjarmasin

Dosen Prodi Pendidikan Matematika

Muhammad Royani, STKIP PGRI Banjarmasin

Dosen Prodi Pendidikan Matematika

References

Brookhart, S. M & Nitko, A. J. (2008). Assessment and grading in classrooms. Englewood Cliffs. NJ: Prentice-Hall, Inc.

Chambers, P. (2008). Teaching mathematics. London: SAGE Publications Ltd.

Delisle, R. (1977). How to Use Problem Based Learning in The Classroom. Virginia: ASCD.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hewitt, D., (2008). Understanding Effective Learning: Strategies for The Classroom. London: The Mc Graw. Hill Companies.

Menteri. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22.

Parson, S., Croft, T. & Harrison, M. (2011). Engineering Students Self-Confidence in Mathematics mapped Onto Bandura’s Self Efficacy. Engineering Education. Vol: 6issue 1, pp: 52-61.

Saufi, M. & Putri, A. A (2013). Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan dalam Konferensi Nasional Pendidikan Matematika V, di Universitas Negeri Malang.

Skemp, Richard R. 1971. The Psychology of Learning Mathematics. Harmondsworth: Penguin Books Ltd.

Zimmerman, B. J., Bonner, S. & Kovach, R. (1996). Developing Self-Regulated Learners Beyond Achievement to Self-Efficacy (Psychology in The Classroom). USA: American Psychological Association).
Published
2016-08-30
How to Cite
Saufi, M., & Royani, M. (2016). Mengembangkan kecerdasan interpersonal dan kepercayaan diri siswa melalui efektivitas model pembelajaran PBL. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 106-115. https://doi.org/10.33654/math.v2i2.35
Section
Research
Abstract viewed = 510 times
PDF downloaded = 1517 times