Mengembangkan kecerdasan interpersonal dan kepercayaan diri siswa melalui efektivitas model pembelajaran PBL
Abstract
Penelitian ini berjudul “Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal dan Kepercayaan Diri Siswa melalui Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)”. Kecerdasan interpersonal termasuk dalam jenis kecerdasan majemuk. Tidak semua siswa yang memiliki kecerdasan ini. Oleh karena itu, seorang guru perlu untuk memahami dan mengembangkan potensi siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal ini. Kecerdasan interpersonal juga berhubungan erat dengan emosi seseorang sehingga kecerdasan ini berhubungan erat dengan kepercayaan diri siswa. Penelitian dilakukan pada siswa dari dua kelas yang memiliki kemampuan setara dengan model pembelajaran yang berbeda. Kelas pertama merupakan kelas eksperimen diberikan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran problem based learning (PBL), sedangkan kelas kedua merupakan kelas kontrol yang diberikan model pembelajaran konvensional. Hal ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan dari model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa dan kepercayaan diri siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa siswa yang diajar dengan model pembelajaran PBL mempunyai hasil belajar matematika yang lebih baik daripada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional ditinjau dari kecerdasan interpersonal dan kepercayaan diri siswa.
Downloads
References
Chambers, P. (2008). Teaching mathematics. London: SAGE Publications Ltd.
Delisle, R. (1977). How to Use Problem Based Learning in The Classroom. Virginia: ASCD.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hewitt, D., (2008). Understanding Effective Learning: Strategies for The Classroom. London: The Mc Graw. Hill Companies.
Menteri. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22.
Parson, S., Croft, T. & Harrison, M. (2011). Engineering Students Self-Confidence in Mathematics mapped Onto Bandura’s Self Efficacy. Engineering Education. Vol: 6issue 1, pp: 52-61.
Saufi, M. & Putri, A. A (2013). Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan dalam Konferensi Nasional Pendidikan Matematika V, di Universitas Negeri Malang.
Skemp, Richard R. 1971. The Psychology of Learning Mathematics. Harmondsworth: Penguin Books Ltd.
Zimmerman, B. J., Bonner, S. & Kovach, R. (1996). Developing Self-Regulated Learners Beyond Achievement to Self-Efficacy (Psychology in The Classroom). USA: American Psychological Association).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)