Profil penalaran kuantitatif siswa SMP dalam memecahkan masalah ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent

Profile of student’s quantitative reasoning in solving problems based on the cognitive style field independent and field dependent

  • Fajriyah Rachmatika Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Juniati Universitas Negeri Surabaya
  • Agung Lukito Universitas Negeri Surabaya
Keywords: field independent, field dependent, penalaran kuantitatif, pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran kuantitatif siswa dalam memecahkan masalah ditinjau dari gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent. Dua siswa MTs Maarif Sukorejo dipilih menjadi subjek penelitian berdasarkan kemampuan matematika yang tinggi dari hasil tes kemampuan matematika serta mewakili gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent dari hasil group embedded figure test. Siswa yang terpilih diminta untuk memecahkan masalah matematika dan diwawancarai. Secara umum hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penalaran kuantitatif antara siswa Field Independent dan Field Dependent. Siswa Field Independent dapat menyajikan seluruh informasi ada dalam soal, sedangkan siswa Field Dependent dapat menyajikan sebagian informasi pada soal dan tidak menyajikan beberapa informasi yang lain. Siswa Field Independent dapat menunjukkan keterbatasan berupa persamaan yang hanya bisa digunakan untuk menyelesaikan soal yang diberikan atau soal yang sama persis dengan soal yang diberikan, akan tetapi siswa Field Dependent tidak dapat menunjukkan keterbatasan metode matematisnya. Dengan mengetahui penalaran kuantitatif dan  gaya kognitif siswa yang berbeda diharapkan guru dapat memberikan pembelajaran yang sesuai sehingga pembelajaran yang diberikan lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Altun, A. (2014). Undergraduate Students’ Academic Achievement, Field Dependent / Independent Cognitive Styles and Attitude toward Computers Undergraduate Students’ Academic Achievement, Field Dependent / Independent Cognitive Styles and Attitude toward Computers. Educational Technology & Society, 9(1), 289–297.

Alamolhodaei, H. (2010). Student Cognitive Style and Mathematical Word Problem Solving. Journal of The Korea Society of Mathematical Education Series Research in Mathematical Education. Vol 6(2).

Danili, E., & Reid, N. (2016). Cognitive factors that can potentially affect pupils’ test performance. Chemistry Education Research and Practice, 7(2), 64–83. https://doi.org/10.1039/B5RP90016F

Desmita. (2013). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarja.

Dwyer, C. A. (2003). What is Quantitative Reasoning? Defining the Construct for Assessment Purposes. Educational Testing Service, 03(30), 1–48.

Fu'adiah, D. (2017). Pengembangan Penalaran Kuantitatif di Sekolah Dasar untuk Mengembangkan Berpikir Aljabar di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 1(1), 1-49. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1098962

Hobri, H., Ummah, I., Yuliati, N., & Dafik, D. (2020). The Effect of Jumping Task Based on Creative Problem Solving on Students’ Problem-Solving Ability. International Journal of Instruction, 13, 387–406. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13126a

Johnson, HL. (2016). Quantitative Reasoning in Mathematics Education: Directions in Research and Practice. https://www.researchgate.net/publication/292783905_Quantitative_Reasoning_in_Mathematics_Education_Directions_in_Research_and_Practice

Karim, A., & Nurrahmah, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Jurnal Analisa, 4(1), 179–187. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2101

khodadady, E., & Zeynali, S. (2012). Field-Dependence/Independence Cognitive Style and Performance on The IELTS Listening Comprehension. International Journal of Linguistic. Vol 4(3). https://www.researchgate.net/publication/266886202_Field-DependenceIndependence_Cognitive_Style_and_Performance_on_the_IELTS_Listening_Comprehension

Ramful, A., & Ho, SY. (2015). Quantitative Reasoning in Problem Solving. https://www.researchgate.net/publication/274836739_Quantitative_reasoning_in_problem_solving

Riding, R. (2012). The nature and effects of cognitive style. In Perspectives on thinking, learning, and cognitive styles. (pp. 47–72). Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

Rohana, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Melalui Pembelajaran Reflektif. Infinity Journal, 4(1), 105. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i1.76

Rosmaiyadi & Husna, N. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa SMP Dengan Gaya Belajar Kognitif Field Dependent. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(2) 198-211. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/917/544

Sharma, D. (2017). A Study of Cognitive Styles of Senior Secondary Students with Relation to Their Gender. International Journal of Scientific Research and Management, 5(10), 7206–7208. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v5i10.05

Weber, E., Ellis, A., & Kulow, T. (2014). Six Principles for Quantitative Reasoning and Modeling. Mathematics Teacher, 108(1), 24–30. https://doi.org/10.5951/mathteacher.108.1.0024

Published
2020-11-30
How to Cite
Rachmatika, F., Juniati, D., & Lukito, A. (2020). Profil penalaran kuantitatif siswa SMP dalam memecahkan masalah ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 253-263. https://doi.org/10.33654/math.v6i3.1071
Abstract viewed = 347 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 349 times