Profil penalaran kuantitatif siswa SMP dalam memecahkan masalah ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent
Profile of student’s quantitative reasoning in solving problems based on the cognitive style field independent and field dependent
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran kuantitatif siswa dalam memecahkan masalah ditinjau dari gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent. Dua siswa MTs Maarif Sukorejo dipilih menjadi subjek penelitian berdasarkan kemampuan matematika yang tinggi dari hasil tes kemampuan matematika serta mewakili gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent dari hasil group embedded figure test. Siswa yang terpilih diminta untuk memecahkan masalah matematika dan diwawancarai. Secara umum hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penalaran kuantitatif antara siswa Field Independent dan Field Dependent. Siswa Field Independent dapat menyajikan seluruh informasi ada dalam soal, sedangkan siswa Field Dependent dapat menyajikan sebagian informasi pada soal dan tidak menyajikan beberapa informasi yang lain. Siswa Field Independent dapat menunjukkan keterbatasan berupa persamaan yang hanya bisa digunakan untuk menyelesaikan soal yang diberikan atau soal yang sama persis dengan soal yang diberikan, akan tetapi siswa Field Dependent tidak dapat menunjukkan keterbatasan metode matematisnya. Dengan mengetahui penalaran kuantitatif dan gaya kognitif siswa yang berbeda diharapkan guru dapat memberikan pembelajaran yang sesuai sehingga pembelajaran yang diberikan lebih optimal.
Downloads
References
Altun, A. (2014). Undergraduate Students’ Academic Achievement, Field Dependent / Independent Cognitive Styles and Attitude toward Computers Undergraduate Students’ Academic Achievement, Field Dependent / Independent Cognitive Styles and Attitude toward Computers. Educational Technology & Society, 9(1), 289–297.
Alamolhodaei, H. (2010). Student Cognitive Style and Mathematical Word Problem Solving. Journal of The Korea Society of Mathematical Education Series Research in Mathematical Education. Vol 6(2).
Danili, E., & Reid, N. (2016). Cognitive factors that can potentially affect pupils’ test performance. Chemistry Education Research and Practice, 7(2), 64–83. https://doi.org/10.1039/B5RP90016F
Desmita. (2013). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarja.
Dwyer, C. A. (2003). What is Quantitative Reasoning? Defining the Construct for Assessment Purposes. Educational Testing Service, 03(30), 1–48.
Fu'adiah, D. (2017). Pengembangan Penalaran Kuantitatif di Sekolah Dasar untuk Mengembangkan Berpikir Aljabar di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 1(1), 1-49. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1098962
Hobri, H., Ummah, I., Yuliati, N., & Dafik, D. (2020). The Effect of Jumping Task Based on Creative Problem Solving on Students’ Problem-Solving Ability. International Journal of Instruction, 13, 387–406. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13126a
Johnson, HL. (2016). Quantitative Reasoning in Mathematics Education: Directions in Research and Practice. https://www.researchgate.net/publication/292783905_Quantitative_Reasoning_in_Mathematics_Education_Directions_in_Research_and_Practice
Karim, A., & Nurrahmah, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Jurnal Analisa, 4(1), 179–187. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2101
khodadady, E., & Zeynali, S. (2012). Field-Dependence/Independence Cognitive Style and Performance on The IELTS Listening Comprehension. International Journal of Linguistic. Vol 4(3). https://www.researchgate.net/publication/266886202_Field-DependenceIndependence_Cognitive_Style_and_Performance_on_the_IELTS_Listening_Comprehension
Ramful, A., & Ho, SY. (2015). Quantitative Reasoning in Problem Solving. https://www.researchgate.net/publication/274836739_Quantitative_reasoning_in_problem_solving
Riding, R. (2012). The nature and effects of cognitive style. In Perspectives on thinking, learning, and cognitive styles. (pp. 47–72). Lawrence Erlbaum Associates Publishers.
Rohana, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru Melalui Pembelajaran Reflektif. Infinity Journal, 4(1), 105. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i1.76
Rosmaiyadi & Husna, N. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa SMP Dengan Gaya Belajar Kognitif Field Dependent. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(2) 198-211. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/917/544
Sharma, D. (2017). A Study of Cognitive Styles of Senior Secondary Students with Relation to Their Gender. International Journal of Scientific Research and Management, 5(10), 7206–7208. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v5i10.05
Weber, E., Ellis, A., & Kulow, T. (2014). Six Principles for Quantitative Reasoning and Modeling. Mathematics Teacher, 108(1), 24–30. https://doi.org/10.5951/mathteacher.108.1.0024
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)