Strategic competence of junior high school students in solving geometry problems reviewed from sex differences

Kompetensi strategis siswa smp dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari perbedaan jenis kelamin

  • Winda Firdiana Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Juniati Universitas Negeri Surabaya
  • Janet Trineke Manoy Universitas Negeri Surabaya
Kata Kunci: kompetensi strategis, geometri, perbedaan jenis kelamin

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi strategis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Indikator yang dinilai meliputi merumuskan, merepresentasikan dan memecahkan masalah. Subjek penelitian ini yaitu 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan kelas IX-F SMPN 1 Tulangan yang memiliki kemampuan setara. Selanjutnya subjek mengerjakan tugas pemecahan masalah geometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua subjek memahami masalah dengan membaca dan menggambar. Pada soal pertama, kedua subjek merepresentasikan masalah dengan mengarsir, menghitung luas gudang dan lahan menggunakan luas persegi panjang kemudian memecahkan masalah dengan menghitung luas rumput yang dipotong dikalikan biaya jasa pemotongan. Namun, subjek perempuan tidak menggambarkan bentuk benda secara akurat dan tidak memberikan alasan tepat mengenai bentuk yang telah digambarkan. Pada soal kedua, kedua subjek salah memilih strategi dalam merepresentasikan masalah karena tidak mampu membuat susunan kardus lain, akibatnya proses memecahkan masalah bernilai salah. Siswa perlu dilatih soal geometri non-rutin bangun ruang untuk mengembangkan kompetensi strategisnya.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Adnan, S., Juniati, D., & Sulaiman, R. (2019). Student's Mathematical Representation in Solving Geometry Problems Based on Cognitive Style. Journal of Physics: Conference Series, 1-9. doi:https://doi.org/10.1088/1742-6596/1417/1/012049
Chen, J., Li, L., & Zhang, D. (2020). Students With Specific Difficulties in Geometry: Exploring the TIMSS 2011 Data With Plausible Values and Latent Profile Analysis. Journal Sagepub, 1-12. doi:https://doi.org/10.1177/0731948720905
Cirillo, M., & Hummer, J. (2019). Addressing Misconceptions in Secondary Geometry Proof. Mathematics Teacher, 1-13.
Fabiyi, T. (2017). Geometry Concepts in Mathematics Perceived Difficult To Learn By Senior Secondary School Students in Ekiti State, Nigeria. IOSR Journal of Research & Method in Education, 7(1), 83-90. doi:https://doi.org/10.9790/7388-0701018390
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics And Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 563.
Hornburg, C. B., Rieber, M. L., & McNeil, N. M. (2017). An Integrative Data Analysis of Gender Differences in Children’s Understanding of Mathematical Equivalence. Journal of Experimental Child Psychology, 1-11. doi:https://doi.org/10.1016/j.jecp.2017.06.002
Puspendik Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Hasil UN SMP Tahun 2019. Diakses tanggal 2 Juli 2021 dari https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding It Up : Helping Children Learn Mathematics. Washington: National Academy Press.
Lestari, W., Kusmayadi, T. A., & Nurhasanah, F. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2(2), 1141-1150. doi:https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3661
Mefoh, P., Nwoke, M., Chukwuorji, J., & Chijioke, A. (2017). Effect of Cognitive Style and Gender on Adolescents' Problem Solving Ability. Thinking Skills and Creativity, 1-22. doi:https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.03.002
Murdiyani, N. M. (2018). Developing Non-Routine Problems For Assessing Students' Mathematical Literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1-6. doi:https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012115
Nugraheni, Z., Budiyono, & Slamet, I. (2017). Geometry Strategic Competence of Junior High School Students Based on Sex Difference. AIP Conference Proceedings, 1-6. doi:https://doi.org/10.1063/1.5016663
Nursyamsiah, G., Savitri, S., Yuspriyati, D. N., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Ruang Sisi Datar. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 98-102.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Pierce, S. (2019). The Role of Gender and Learning Modality in Mathematical Problem Solving. Metamorphosis, 1-17. Diakses tanggal 2 Juli 2021 dari https://metamorphosis.coplac.org/index.php/metamorphosis/article/view/246
Purwanto, W. R., Sukestiyarno, Y., & Junaedi, I. (2019). Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Persepektif Gender. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 894-900.
Rodriguez, S., Regueiro, B., Pineiro, I., Estevez, I., & Valle, A. (2020). Gender Differences in Mathematics Motivation: Differential Effects on Performance in Primary Education. Frontiers in Psychology, 1-8. doi:https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.03050
Rusyda, N. A., Kusnandi, K., & Suhendra, S. (2017). A Cognitive Analysis of Students` Mathematical Problem Solving Ability on Geometry . Journal of Physics : Conference Series, 1-8. doi:https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012081
Schleicher, A. (2018). PISA 2018: Insight and Interpretations. German: OECD.
Sukarno, H., & Rejeki, S. (2020, Agustus 5). Kesulitan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Model PISA Materi Kubus dan Balok. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) V.
Sulistiowati, D. L., Herman, T., & Jupri, A. (2019). Student difficulties in solving geometry problem based on Van Hiele thinking level. Journal of Physics : International Conference on Mathematics and Science Education, 1-7. doi:https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042118
Syukriani, A. (2018). Profil Penalaran Adaptif dan Kompetensi Strategis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif dan Gender. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Surabaya.
Syukriani, A., Juniati, D., & Siswono, T. Y. (2017). Investigating Adaptive Reasoning and Strategic Competence : Difference Male and Female. AIP Conference Proceedings, 1-7. doi:https://doi.org/10.1063/1.4994436
Viro, E., & Joutsenlahti, J. (2018). The StarT Project Competition from the Perspective of Mathematics and Academy Literacy. Education Science Article, 8(67), 1-11. doi:https://doi.org/10.3390/educsci8020067
Wahyuni, E. S., Susanto, & Hadi, A. F. (2019). Profile of the Student’s Mathematical Reasoning Ability in Solving Geometry Problem. Journal of Physics : Conference Series, 1-10. doi:https://doi.org/10.1088/1742-6596/1211/1/012079
Wasida, M. R., & Hartono, H. (2018). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Model Ujian Nasional Matematika Dan Self-Efficacy Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 82-95. doi:https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.10060
Yayuk, E., & Husamah, H. (2020, March). The Difficulties of Prospective Elementary School Teachers in Item Problem Solving for Mathematics: Polya’s Steps. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(1), 361-378. doi:https://doi.org/10.17478/jegys.665833
Diterbitkan
2022-05-27
Abstrak viewed = 253 times
PDF downloaded = 279 times