Analisis semiotika siswa operasional formal dengan gaya kognitif field dependent dan field independent dalam pemecahan masalah pemrograman linear
Semiotic analysis of formal operational students with field dependent and field independent cognitive style in linear programming problem solving
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan semiotika siswa operasional formal dengan gaya kognitif berbeda dalam pemecahan masalah pemrograman linear. Subjek penelitian ini adalah satu siswa bergaya kognitif field-dependent (SFD) dan satu siswa bergaya kognitif field-independent (SFI). Data penelitian ini dikumpulkan melalui pemberian tugas pemecahan masalah pemrograman linear dan wawancara semi-terstruktur berbasis tugas. Proses analisis jawaban siswa dalam pemecahan masalah pemrograman linear berdasarkan indikator semiotika yang meliputi simbol, kode, dan makna serta tahapan pemecahan masalah Polya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa semiotika yang dilakukan kedua siswa operasional formal dengan gaya kognitif berbeda ini dalam memecahkan masalah pemrograman linear belum menciptakan informasi yang bermakna karena pada penggunaan simbol, pembuatan kode, dan pembuatan makna tidak dilakukan secara lengkap.
Downloads
References
Aldarmono, A. (2012). Identifikasi gaya kognitif (cognitive style) peserta didik dalam belajar. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 3(1), 63–69.
Chandler, D. (2017). Semiotics: the basics (Second Edi). Taylor & Francis.
Ernest, P. (2006). A semiotic perspective of mathematical activity: The case of number. Educational Studies in Mathematics, 61(1), 67–101.
Fadiana, M., Amin, S. M., & Lukito, A. (2018). Profil generalisasi siswa operasional konkret berdasarkan perspektif semiotik. Prosiding SNasPPM, 3(1), 122–128.
Fadiana, M., Amin, S. M., Lukito, A., & Warli. (2019). How concrete operational student generalize the pattern?: use semiotic perspective. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 12032.
Inganah, S., & Subanji. (2013). Semiotik dalam Proses Generalisasi Pola. KNPMV, Himpunan Matematika Indonesia, 431–438.
Lemke, J. L. (2003). Mathematics in the middle: Measure, picture, gesture, sign, and word. Educational Perspectives on Mathematics as Semiosis: From Thinking to Interpreting to Knowing, 1, 215–234.
Marta, R. F., & Septyana, V. (2015). Semiotika Pemasaran pada Brand Value melalui Sign berupa Layout Berita dan Iklan Ibadah Haji (Studi Komparasi pada Harian Pos Kota dengan Rakyat Merdeka). Semiotika: Jurnal Komunikasi, 9(2), 482–508.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (Third Edit). Thousand Oaks, CA: Sage.
Mishra, P., & Singh, S. (2019). Jean Piaget’s Theory Of Cognitive Development. GJRA–Global Journal For Research Analysis, 8(7), 101–102.
Mudjiyanto, B., & Nur, E. (2013). Semiotika dalam metode penelitian komunikasi. Jurnal Penelitian Komunikasi, Informatika Dan Media Massa-PEKOMMAS, 16(1), 73–82.
Pratiwi, T. S., Putri, Y. R., & Sugandi, M. S. (2015). Analisis Semiotika Roland Barthes Terhadap Logo Calais Tea. EProceedings of Management, 2(3), 4327–4336.
Presmeg, N., Radford, L., Roth, W. M., & Kadunz, G. (2016). Semiotics in mathematics education. Springer Nature.
Purnomo, R. C., Sunardi, S., & Sugiarti, T. (2017). Profil Kreativitas Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent (FI) Dan Field Dependent (FD) Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 12 Jember. Jurnal Edukasi, 4(2), 9–14.
Sobur, A. (2002). Bercengkerama dengan Semiotika. Mediator: Jurnal Komunikasi, 3(1), 31–50.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158.
Tarasenkova, N., & Kovalenka, O. (2015). Content and Semiotic Features of Mathematical Problems Used as a Means of Training the Primary School Education Students. American Journal of Educational Research, 3(12B), 31–35.
Trizulfianto, Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematika materi program linier berdasarkan gaya belajar siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 195–208.
Witkin, H. A., Moore, C. A., Goodenough, D. R., & Cox, P. W. (1977). Field-dependent and field-independent cognitive styles and their educational implications. Review of Educational Research, 47(1), 1–64.
Wulan, E. R. (2019). Gaya Kognitif Field-Dependent dan Field-Independent Sebagai Jendela Profil Pemecahan Masalah Polya dari Siswa SMP. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(2).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)