Mengembangkan video pembelajaran Matematika berbasis kearifan lokal Kalimantan Selatan dengan model Problem Based Learning
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan yang sudah direncanakan oleh peneliti melalui road map penelitiannya. Penelitian ini juga didanai oleh DRPM Dikti pada skema Penelitian Dosen Pemula. Di dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa PBL dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal dan kepercayaan diri siswa. Oleh karena itu, pada penelitian ini dikembangkan video pembelajaran dengan mengacu pada penelitian tersebut. Di dalam proses belajar mengajar di SD, pembelajaran tentang kearifan lokal dimulai tentang pengenalan siswa terhadap lingkungannya. Hal ini dikarenakan lingkungan erat kaitannya dengan kearifan lokal. Banyak informasi-informasi yang dapat dijadikan sebagai materi untuk pembelajaran, salah satunya pembelajaran matematika. Akan tetapi, hal ini cenderung bukan menjadi ciri khas dari pembelajaran yang dimaksud. Di lapangan, informasi-informasi yang dijadikan materi ajar hanya dijadikan sebagai media pembelajaran untuk memudahkan mempelajari materi pembelajaran, sehingga untuk setiap mata pelajaran termasuk matematika dapat menerapkan pembelajaran tersebut. Padahal untuk mengajarkan pendidikan karakter kepada siswa tidak cukup hanya itu. Seharusnya pembelajaran tersebut dimulai dari kearifan lokal, selain mampu meramu menjadi sebuah materi ajar, seorang guru juga mampu mengambil manfaat berupa nilai-nilai atau karakter yang diambil pada suatu bentuk kearifan lokal. Oleh karena itu, diperlukan suatu pembelajaran yang nyata agar pemahaman siswa menjadi bermakna. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan video pembelajaran matematika ini. Setelah melalui proses ujicoba, video pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal Kalimantan Selatan yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif, sehingga layak dimanfaatkan untuk pembelajaran di kelas.