Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Multimedia Pada Materi Sistem Periodik Unsur di SMK Bina Banua Banjarmasin
Abstract
Tabel Periodik Unsur yang diperkenalkan guru kepada siswa untuk saat ini adalah masih berbentuk manual berupa cetakan dikertas yang hanya berisi tentang nama-nama senyawa kimia dan golongannya tanpa ada keterangan lebih lanjut. Hal semacam itu tentunya sangat merepotkan bagi siswa dan malah membuat siswa menjadi malas dalam mempelajari unsur-unsur kimia. Karena materi Sistem Periodik Unsur adalah dasar dalam mempelajari unsur-unsur kimia pada pelajaran selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu Mengembangkan media pembelajaran interaktif Sistem Periodik Unsur berbasis multimedia pada mata pelajaran Kimia dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif Sistem Periodik Unsur berbasis multimedia pada mata pelajaran Kimia. Media Pembelajaran Kimia Bebasis Multimedia Pada Materi Sistem Periodik Unsur ini dikembangkang dengan software construct 2 dan proses pengembangan Media Pembelajaran ini dilakukan dengan 10 tahan pengembangan yaitu: Potensi dan masalah, Pengumpulan data, Desain produk, Validasi desain, Revisi desain, Uji coba produk, Revisi produk, Uji coba pemakaian, Revisi produk, dan Produksi. Rata-rata penilaian kelayakan ahli materi adalah 4,43 dengan kategori “Sangat Baik”, rata-rata penilaian kelayakan ahli media adalah 4,57 dengan kategori “Sangat Baik”, rata-rata penilaian kelayakan dari Uji coba produk adalah 4,53 dengan kategori “Sangat Baik”, dan rata-rata penilaian kelayakan dari uji coba pemakaian adalah 4,36 dengan kategor “Sangat Baik”. Dengan demikian Media Pembelajaran ini layak digunakan sebagai media pembelajaran sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran mandiri bagi siswa.