Soal pilihan ganda yang valid dan reliabel untuk menginterpretasikan keterampilan berpikir siswa SMP

  • Arifin Riadi STKIP PGRI Banjarmasin
  • Noor Laila Atini
Kata Kunci: soal pilihan ganda, valid, reliabel, tingkat keterampilan berpikir

Abstrak

penelitian ini bertujuan untuk memperoleh soal pilihan ganda yang baik, ditinjau dari valid dan reliabel. Uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi pearson, dan uji reliabilitasnya menggunakan alpha cronbach. Draf soal yang dibuat berjumlah 24 buah, dengan proporsi masing-masing tingkat keterampilan berpikir diwakili oleh 4 soal. Tingkat keterampilan berpikir yang dimaksud adalah berdasarkan taksonomi Bloom versi revisi yaitu Mengingat, Memahami, Mengaplikasikan, Menganalisis, Mengevaluasi, dan Mencipta. Setiap soal memiliki empat pilihan jawaban sesuai dengan ketentuan untuk siswa SMP. Dari hasil uji coba dan analisis data diperoleh bahwa soal yang valid dan reliabel berjumlah 16 buah, dengan skor reliabilitas secara keseluruhan adalah 0,602. Hasil penelitian ini diharapkan mampu digunakan untuk memperoleh gambaran mengenai tingkat keterampilan berpikir siswa SMP di sekolah maupun di daerah lain.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Gronlund, Linn, & Miller. (2009). Measurement and assessment in teaching. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education, Inc.

Kartowagiran, B. (2012). Penulisan butir soal. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 66 tahun 2013 tentang standar penilaian. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lawshe, C. H. (1975). A quantitative approach to content validity. Personnel Psychology(28), 563-575.

Presiden Republik Indonesia. (2013). Peraturan pemerintah nomor 32 tahun 2013 tentang perubahan atas peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Reynolds, C. R., Livingston, R. B., & Willson, V. (2009). Measurement and assessment in education (2nd ed.). Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education, Inc.
Diterbitkan
2018-11-16
Abstrak viewed = 745 times
PDF downloaded = 467 times