Pengaruh rasa ingin tahu terhadap koneksi matematis siswa pada pembelajaran trigonometri menggunakan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) di kelas X SMA Negeri 10 Banjarmasin tahun pelajaran 2016-2017
Abstract
The purpose of this study is to know the curiosity, the ability of mathematical connections, and whether or not there is a curiosity influence on students' mathematical connection ability in trigonometry learning using cooperative type think talk write (TTW) model in X-1 class SMA Negeri 10 Banjarmasin school year 2016-2017. The research method using descriptive research method. Population is the students of class X SMA Negeri 10 Banjarmasin year 2016-2017 lessons, amounting to 226 students. The sampling technique used cluster randomsampling. The sample in this study is the students of X-1 class of SMA Negeri 10 Banjarmasin, amounting to 36 students. Technique of collecting data using observation and test. Results of research on trigonometric learning using the think talk write (TTW) cooperative model in class X-1 SMA Negeri 10 Banjarmasin showed that: (1) Character of curiosity of students included in qualification already developed, (2) The ability of connection between mathematical concepts is included in good category, (3) There is influence of curiosity character to students' mathematical connection ability.
Downloads
References
Anandita, Gustine Primadya. (2015). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Kubus dan Balok. Skripsi tidak dipublikasikan. Semarang. Universitas Negeri Semarang. [online] http://lib.unnes.ac.id/21529/1/4101411075-S.pdf. [14 November 2016].
Ainurrizqiah, Zulfa. 2015. Keefektifan Model PjBL dengan Tugas Creative Mind-Map untuk Meningkatkan Koneksi Matematika Siswa. Skripsi tidak dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang. [online]https://www.scribd.com/document/340374092/4101411061-S. [14 November 2016].
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fathani, Abdul Hakim. 2009. Matematika Hakikat dan Logika. Jogjakarta: AR Ruzz Media
Hendriana, Heris dan Soemarmo, Utari. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hudojo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor. Ghalia Indonesia.
Kemendiknas. 2010. Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 2013. Jakarta: Sinar Grafika.
Kemendiknas. 2011. Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Raja Grafino Persada.
Kurniawan, Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasi Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi & Masyarakat. Yogyakarta : AR Ruzz Media.
Linto, Rendya Logina, dkk. 2012. Kemampuan Koneksi Matematis dan Metode Pembalajaran Quantum Tiching dengan Peta Konsep. Jurnal Pendidikan Matematika. 1 (1): 83-87.
Listyarti, Retno. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif dan Kreatif. Jakarta: Erlangga.
Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Parmi, I.T dan Supinah. 2011. Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa melalui Pembelajaran Matematika di SD. Kemendiknas.
Permana, Yanto dan Sumarmo, Utari. 2007. Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Educationist, 1(2), 117.
Riduwan. 2010.Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Setiawan, Andri. 2010. Pengaruh Strategi Berhitung (Different Strategies) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Operasi Bilangan Bulat. Skripsi tidak dipublikasikan. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. [online] http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/2685/1/ANDRI%20SETIAWAN-FITK.pdf. [14 November 2016].
Shadiq, Fadjar. 2014. Pembelajaran Matematika: Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pres.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, CV.
Suriansyah, Ahmad. 2011. Landasan Pendidikan. Banjarmasin: Comdes.
Sutikno, M. Sobry. 2009. Belajar dan Pembelajaran ”Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil”. Bandung: Prospect
Tim Penyusun. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Banjarmasin: STKIP PGRI Banjarmasin.
Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright by Author(s)