Keterampilan dasar geometri siswa kelas V dalam menyelesaikan soal bangun datar berdasarkan kemampuan matematika di MI Al Istiqomah Banjarmasin

  • Nonong Rahimah STKIP PGRI Banjarmasin
  • Asy'ari Asy'ari STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Keterampilan Dasar Geometri, Menyelesaikan Masalah, Kemampuan Matematika

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan dasar geometri siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah di kelas V SD dalam menyelesaikan soal bangun datar segiempat. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga orang siswa SD yaitu siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi, siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang dan siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah. Kegiatan penelitian dimulai dengan memberikan tes kemampuan matematika. Nilai tes dijadikan sebagai acuan kemampuan siswa. Siswa dikelompokkan dalam tiga kemampuan berdasarkan pada Standar Ketuntasan Minimal (SKM) untuk mata pelajaran matematika yaitu: 80  ≤  x  ≤ 100 (Kemampuan tinggi),  60  ≤  x  < 80 (Kemampuan sedang)  dan 0  ≤  x  < 60 (Kemampuan rendah) Selain itu akan dipilih siswa yang komunikatif. Kemudian dilanjutkan dengan tugas pemecahan dan wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi waktu yang berbeda. Kemudian, data yang valid dianalisis untuk menarik kesimpulan. Sehingga hasil dari penelitian ini adalah profil keterampilan dasar geometri siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar segiempat berdasarkan kemampuan matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah memenuhi indikator keterampilan dasar geometri yaitu  keterampilan visual, verbal, menggambar, logika dan terapan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussakir. 2002. Pembelajaran Geometri Berdasar Teori van Hiele Berbantuan Komputer. Jurnal Matematika atau Pembelajarannya. Tahun VIII, Edisi Khusus: 344-348.

Abdussakir, 2003. Pembelajaran Geometri Berdasarkan Teori van Hiele Berbantuan Komputer. Jurnal Matematika atau Pembelajarannya. Tahun VIII. Edisi Khusus.

Agustan. 2012. Profil Berpikir Geometris Siswa SMP Level Deduksi Informal dalam Memahami Hubungan Antarbangun Segiempat Berdasarkan Gaya Belajar. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya.

Burger, W.F. & Shaughnessy, J.M. 1986. Characterizing the Van Hiele Levels of Development in Geometry. Journal for Research in Mathematics Education , 31-47.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri No 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Kelulusan. Jakarta: Depdiknas.

Hanifah, Ninip. 2014. Profil Pemecahan Masalah Kontekstual Geometri Siswa SMP Berdasarkan Kemampuan Matematika Tinggi dan Adversity Quotient (AQ). Tesis Tidak Diterbitkan . Surabaya: PPS Universitas Negeri Surabaya.

Herawati. 1994. Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Memahami Bangun-Bangun Geometri (Studi Kasus Di Kelas V SDN 4 Purus Selatan). Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana IKIP Malang.

Hidayat. 2012. Profil Keterampilan Dasar Geometri Siswa SMP /MTs Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Materi Bangun Datar Segiempat Ditinjau Dari Gaya Belajarnya. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: PPS Universitas Negeri Surabaya.

Idris, Noraini. 2011. The Impact of Using Geometers' Sketchpad on Malaysia Students' Achievement and van Hiele Geometric Thinking. Journal for Mathematics Education Vol.2, No.2 pp 94-107. University of Malaya, Malaya
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 2006. Departemen Pendidikan Nasioanal

Meserve, Bruce E. 1986. Teaching Education And The Teaching Of Geometry. New York: NCTM.

Miles dan Huberman. 1992. Analisis data Kualitatif. Jakarta: UI press

Moleong Lexy, .J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Edisi Revisi.

Molle, Juliana S. 2000. Analisis Kesalahan Jawaban Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Latihan I SPG Ambon Dalam Mengerjakan Soal Geometri. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pasca Sarjana Unesa.

Ponter, I Wayan. 2001. Pemahaman Siswa SLTP Terhadap Soal Cerita Geometri. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya.

Soedjadi, R. 1991. Wajah Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar Kita. (Beberapa hasil pengamatan lapangan sebagai upaya perbaikan di masa depan). Makalah Penataran Penyiapan Calon Penatar Dosen PGSD-DII Guru Kelas. Jakarta.

Soedjoko, Edy. 1999. Tingkat Berpikir Model van Hiele Pada Siswa SD kelas III, IV, dan V Dalam Belajar Geometri. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya : Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya

Suyanto, A. 2005. Tahap Berpikir Geometris Van Hiele Siswa Kelas III SMP Negeri 21 Surabaya yang Mengikuti Bimbingan Belajar Primagama pada Pokok Bahasan Segiempat. Surabaya: Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarajana Unesa.

Usikin, Zalman. 1982. Van Hiele Levels and Achievement in Secondary School Geometry. Chicago: Departement of Education The University of Chicago.

Yeni, E.M. 2011. Pemanfaatan Benda-Benda Manipulatif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika Edisi Khusus, No.1, 63-75.

Wahyudi, Agus. 2014. Profil Dasar Keterampilan Dasar Geometri Siswa SD dalam Menyelesaikan Soal bangun Datar Ditinjau dari Gaya kognitif. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya.

Walle, J.A van De. 2001. Geometric Thinking and Geometric Concept. In Elementary and Middle School Mathematics. Teaching Developmentally 4th. Ed. Boston: Pearson Education.
Published
2018-07-26
How to Cite
Rahimah, N., & Asy’ari, A. (2018). Keterampilan dasar geometri siswa kelas V dalam menyelesaikan soal bangun datar berdasarkan kemampuan matematika di MI Al Istiqomah Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 55-63. https://doi.org/10.33654/math.v3i1.55
Section
Research
Abstract viewed = 2616 times
PDF downloaded = 1960 times