Pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan problem posing ditinjau dari kemandirian belajar siswa SMPN 4 Banjarbaru

  • Asy'ari Asy'ari STKIP PGRI Banjarmasin
  • Nonong Rahimah STKIP PGRI Banjarmasin
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Problem Posing, Kemandirian Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil belajar pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan  Problem Posing pada pembelajaran matematika ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3 3. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 4 Banjarbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini berjumlah  87 orang dengan rincian 29 orang untuk kelas eksperimen 1 dan 28 orang untuk kelas eksperimen 2 dan 30 orang untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar matematika dan angket kemandirian belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji  ANOVA dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sama baiknya dengan hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran Problem Posing. Selain itu, hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan  Problem Posing lebih baik dari hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Asy’ari. (2016). Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Assessment for Learning Melalui Penilaian Teman Sejawat Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII. Jurnal Math Didactic : Pendidikan Matematika, 2 (2), 116-124.

Dryden, G & Vos, J. (2003). Revolusi Cara Belajar (The Learning Revolution). Bandung: Kaifa.
Ignacio, N., Nieto, L., and Barona, E. (2006). The Affective Domain In Mathematics Learning. International Electronic Journal of Mathemathics Education. October 2006, 1 (1), 16-32.

Johnson, E B. (2002). Contextual Teaching and Learning. California: Carwin Press Inc.

Rendi Andreawan. (2012). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Devisions (STAD) Modifikasi, Think Pair and Share (TPS) dan Konvensional pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kemandirian Belajar pada Siswa SMP Se-Kabupaten Kudus. Tesis, tidak dipublikasikan . UNS

Silver, E. A. (1997). Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing. Zentralbatt fur Didaktik der Mathematik (International Journal on Mathematics Education), 29 (3), 81-85.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Peker, M. (2008). Pre-Service Elementary school Teachers’ Learning Styles and Attitude towards Mathematics. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 4 (1), 21-29.

Predmore, S.R. (2005). Putting It Into Context. Academic Research Library, 80 (1), 22.
Diterbitkan
2018-07-27
Bagian
Research
Abstrak viewed = 416 times
PDF downloaded = 655 times