Pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan problem posing ditinjau dari kemandirian belajar siswa SMPN 4 Banjarbaru
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil belajar pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Posing pada pembelajaran matematika ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3 3. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 4 Banjarbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 87 orang dengan rincian 29 orang untuk kelas eksperimen 1 dan 28 orang untuk kelas eksperimen 2 dan 30 orang untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar matematika dan angket kemandirian belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANOVA dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sama baiknya dengan hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran Problem Posing. Selain itu, hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Posing lebih baik dari hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Dryden, G & Vos, J. (2003). Revolusi Cara Belajar (The Learning Revolution). Bandung: Kaifa.
Ignacio, N., Nieto, L., and Barona, E. (2006). The Affective Domain In Mathematics Learning. International Electronic Journal of Mathemathics Education. October 2006, 1 (1), 16-32.
Johnson, E B. (2002). Contextual Teaching and Learning. California: Carwin Press Inc.
Rendi Andreawan. (2012). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Devisions (STAD) Modifikasi, Think Pair and Share (TPS) dan Konvensional pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kemandirian Belajar pada Siswa SMP Se-Kabupaten Kudus. Tesis, tidak dipublikasikan . UNS
Silver, E. A. (1997). Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing. Zentralbatt fur Didaktik der Mathematik (International Journal on Mathematics Education), 29 (3), 81-85.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Peker, M. (2008). Pre-Service Elementary school Teachers’ Learning Styles and Attitude towards Mathematics. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 4 (1), 21-29.
Predmore, S.R. (2005). Putting It Into Context. Academic Research Library, 80 (1), 22.