Development of contextual learning tools to support 21st century on flat shape materials
Pengembangan perangkat pembelajaran kontekstual sebagai penunjang pembelajaran abad 21 pada materi bangun datar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat yang berkualitas baik, pada materi bangun datar segi empat dan melihat keefektifan pembelajaran tersebut. Populasi adalah siswa SMPN kelas VII Banjarmasin Selatan. Penentuan sampel menggunakan sampling purposive dengan sampel penelitian SMPN 23 dan 28 Banjarmasin. Rancangan penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan dengan proses pengembangan menggunakan model 4D dan telah disesuaikan dengan tujuan penelitian. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Tes Hasil Belajar (THB) yang baik yaitu valid dengan sedikit revisi, THB memenuhi kriteria validitas minimal cukup, uji reliabilitas tes menunjukkan korelasi sangat tinggi, praktis, dan efektif dilihat dari aktivitas siswa efektif, respon siswa positif, serta ketuntasan belajar secara klasikal tercapai yaitu 93,54% siswa tuntas belajar untuk SMP 23 Banjarmasin dan 93,33% siswa tuntas belajar untuk SMPN 28 Banjarmasin. Adapun urgensi dari hasil penelitian ini memberikan kontribusi bagi guru di SMPN 23 dan SMPN 28 Banjarmasin untuk dapat menerapkan dan mengembangkan produk yang dihasilkan berupa perangkat pembelajaran berbasis kontekstual. Berhubung produk tersebut merupakan satu hal yang baru bagi sekolah SMPN 23 dan SMPN 28 Banjarmasin, sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Astuti, R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kontekstual pada Materi Pecahan. e-DuMath: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 10-20. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/450532.
Arvianto, I. R., & Yosef, M. K. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).http://www.researchgate.net/publication/339356748
Assaibin, M., Upu, H., & Darwis, M. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model kooperatif dengan Pendekatan Kombinasi Experiences, Language, Pictorial, Symbol, Application (ELPSA) dan Saintifik. Jurnal Pendidikan PEPATUDZU, 15(1). http://dx.doi.org/10.35329/fkip.v15i1.313%0D
Daryanto. (2017). Pembelajaran Abad 21. : Yogyakarta: Gava Media.
Dewati, R., Noer, S. H., & Nurhanurawati. (2013). Efektivitas model pembelajaran learning cycle 3e dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 126. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/280/245
Friantini, R. N., & Rahmat, W & Jeliana, I. P. (2020). Pengembangan Modul Kontekstual Aritmatika Sosia; Kelas 7 SMP. Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 562-576. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/278/166
Halim, St. N. H., & Muhammad, D, & Awi, D. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual dengan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) Pada Siswa Sekolah Dasar. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2) 196-210. DOI:https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i2a8.2018
Kemendikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniawan, D., & Sinta, V. D. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Media Screencast-O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan 3(1), http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jspendidikan/article/view/193/156
Marina, & Suciati, I. (2018). Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap Prestasi Belajar Matematika Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Palu. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 44–52. https://doi.org/https://doi.org/10.31970/gurutua.v1i1.11
Mu'ti, Y. A., & Mardiyana, & Saputro, D.R.S. (2017). Pengembangan Perangkat dengan Pendekatan CTL pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal of Mathematics and Mathematics Education 7(1). 33-45. http://jurnal.fkip.uns.ac.id
Munawarah. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 168–186. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a2
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3(1), 59–72. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i1.2613
SC, P., Maimunah, & Hutapea, N. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Pemahaman Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 800–812. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.286
Setiawan, P., & Sudana, I. D. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 238–247.
Susanto, H. A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMA dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Trigonometri. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika UPGRIS Semarang, 5(1). http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/562
Syahbana, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 02(April), 45–57.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptational Children. National Center for Improvement Educational System. Indiana: University Bloomington..
Trisdiono, H. (2013). Strategi Pembelajaran Abad 21. :Yogyakarta.LPMP D.I.
Yanuarto, W. N. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Kontekstual Matematika di SMP Kelas IX yang Menekankan Religiusitas Peserta Didik. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 186–195. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9079