Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dengan metode discovery ditinjau dari kemampuan spasial siswa kelas X SMA Darul Hijrah

  • Asy'ari Asy'ari STKIP PGRI Banjarmasin
  • Nonong Rahimah STKIP PGRI Banjarmasin
Keywords: Teams Games Tournaments (TGT), Metode Discovery, Kemampuan Spasial Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil belajar pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan metode discovery pada pembelajaran matematika ditinjau dari kemampuan spasial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3 3. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Darul Hijrah Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini berjumlah  95 orang dengan rincian 31 orang untuk kelas eksperimen 1 dan 32 orang untuk kelas eksperimen 2 dan 32 orang untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar matematika dan tes kemampuan spasial siswa. Uji prasyarat meliputi uji normalitas dengan menggunakan metode uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji  ANOVA dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran TGT dengan metode discovery  lebih baik dari hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran TGT dan model pembelajaran langsung. Selain itu, hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran TGT sama baiknya dengan hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran langsung. (2) Hasil belajar siswa yang mempunyai kemampuan spasial tinggi lebih baik dari hasil belajar siswa yang mempunyai kemampuan spasial sedang dan rendah. Selain itu, hasil belajar siswa yang mempunyai kemampuan spasial sedang lebih baik dari hasil belajar siswa yang mempunyai kemampuan spasial rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aszalos, Laszlo, dan Maria Bako. (2004). How Can We Improve The Spatial Intelligence. 6th International Conference on Applied Informatics Eger, Hungary. Diakses pada tanggal 12 Oktober 2013 pada pukul 10.00 wib dari http://www.inf. unideb.hu/~aszalos/dn/pub/how.pdf.

Balım, A. G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students Success and Inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari Eurasian Journal of Educational Research, 35, 1 20.

Ceket Palupi Waluyo. (2011). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Model Think-Pair-Share (TPS) dan Model Two Sray- Two Stary (TSTS) pada Kompetensi Dasar Menghitung Luas Permukaan dan Volume Kubus, Balok, Prisma, dan Limas Ditinjau dari Kemampuan Spasial Siswa Kelas VIII SMP Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Tesis, tidak pubiasian. Universitas Sebelas Maret.

Daso, P.O. (2013).Teacher Variables and Senior Secondary Students’ Achievement in Mathematics In Rivers State, Nigeria. European Scientific Journal, 9(10), 271-289.

Diezman, Carmel, M. and Watters, J. J. (2000). Identifying and supporting spatial intelligence in young children.Contemporary Issues in Early Childhood, 1(3), 299-313.

Dheeraj, D. dan Kumari, R. (2013).”Effect of Co-operative Learning on Achievement in Enviromental Science of School Student”. International Journal of scientific and Research Publications, 3(2),1-3

Erman Suherman, Turmudi, dan Didi Suryadi, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI Press.

Eslamian, D., Aref, K., dan Aref, K. (2012). The Influence of Cooperative Learning on Academic Performance. Journal of American Science, 8 (2), 200-203.

Jamilah. (2013). Eksperimentasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dengan Metode Discovery Learning Pada Materi Pokok Bentuk Aljabar Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa kelas VII SMP Negeri Se-Kota Pontianak. Tesis, tidak dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret.

Looney, J. W. (2009).Assessment and Innovation in Education, OECD Education Working Papers, 24(3), 5-8

Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik (Terjemahan: Nurulita Yusron). Bandung: Nusa Media.

Wyk, Micheal M. van. (2011).The Effects of Teams-Games-Tournaments on Achievement, Retention, and Attitudes of Economics Education Students.Journal of Social Science, 26(3), 183-193.
Published
2018-07-26
How to Cite
Asy’ari, A., & Rahimah, N. (2018). Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dengan metode discovery ditinjau dari kemampuan spasial siswa kelas X SMA Darul Hijrah. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 33-42. https://doi.org/10.33654/math.v3i1.53
Section
Research
Abstract viewed = 642 times
PDF downloaded = 558 times