Etnomatematika pada perlengkapan tari bagipang masyarakat Pantai Hambawang Timur
Ethnomathematics on bagipang dance equipment from Pantai Hambawang Timur people
Abstrak
Salah satu kebudayaan tarian tradisional yang masih dilestarikan masyarakat Pantai Hambawang Timur adalah tari bagipang. Tari bagipang merupakan warisan turun-temurun dari nenek moyang yang perlu dilestarikan. Penampilan tarian ini memakai seekor kuda-kudaan yang terbuat dari bambu dengan tata rias dan tata busana yang khas, dan diiringi dengan musik gamelan.Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui bentuk geometri dan konsep matematika yang ada pada perlengkapan tari bagipang, metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat bentuk-bentuk geometri yang beraturan pada perlengkapan tari bagipang, yaitu: (1) persegi panjang; (2) belah ketupat; (3) trapesium sama kaki; (4) segitiga sama sisi dan sama kaki; (5) lingkaran; (6) bola; dan (7) setengah bola, adapun bentuk geometri tak beraturan terdapat pada bentuk kuda gipangnya. Ada konsep-konsepmatematika pada perlengkapan tari bagipang, yaitu:(1) bilangan; (2) fungsi konstan; (3) fungsi periodik; (4) refleksi; (5) himpunan; (6) volume benda putar; (7) pengukuran volume dengan satuan liter; (8) volume dengan satuan gelas; dan (9) volume kerucut terpancung dengan satuan gelas. Salah datu contoh konsep matematika adalah konsep bilangan. Angka yang kita kenal adalah 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9. Sedangkan bilangan adalah susunan dari angka-angka yang memiliki nilai tertentu. Bilangan terdiri dari satu angka yang kita kenal dengan satuan, bilangan dua angka yang kita kenal dengan puluhan, bilangan tiga angka yang kita kenal dengan ratusan, dan seterusnya.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
As’ari, Abdur Rahman, dkk. 2016. Buku Guru Matematika: SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fata, M. Triono Al. 2015. Manifestasi Budaya dalam Pendidikan Islam: Membangun Intelektualisme Budaya dengan Nilai-nilai Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 10, No. 2: hlm 303-307.
Rohimah, Iim & Nursuprianah, Indah. 2016. Pengaruh Pemahaman KonsepGeometri Terhadap Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Bidang Datar (Studi Kasus Kelas VII di Smp Negeri 1 Cidahu Kabupaten Kuningan). Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5, No. 1: hlm 21.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyuni, Asri, & Pertiwi, Surgawi. 2017. Etnomatematika dalam Ragam Hias Melayu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3, No.2, hlm 113-115.
Walle, Johan A. Van De. 2006. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Edisi Keenam. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Zakiah, Kiki. 2008. Penelitian Etnografi Komunikasi Tipe Dan Metode. Jurnal Penelitian Etnografi.Vol.09, No.01: hlm 183.