Penggunaan permainan puzzle pada materi bangun datar di kelas VII SMP Negeri 12 Yogyakarta

  • Noor Laila Atini STKIP PGRI Banjarmasin
Kata Kunci: Media Permainan Puzzle, Aktivitas, Hasil Belajar dan Respon

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanĀ  bagaimana aktivitas siswa dalam penerapan media permainanĀ  puzzle pada materi bangun datar di kelas VII SMP Negeri 12 Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini bertujuan juga untuk mengetahui hasil belajar serta respon siswa dengan penerapan media tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 12 Yogyakarta dengan jumlah siswa 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media permainan puzzle pada materi bangun datar dapat dikatakan berhasil dengan baik, karena menghasilkan pengaruh positif bagi siswa. Hasil belajar siswa dengan media permainan puzzle memberikan peningkatan dilihat dari tingkat ketuntasannya. Selain itu respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan permainan puzzle menunjukkan kualifikasi respon sangat kuat, artinya siswa merasa senang dan antusias dalam menerapkan permainan tersebut.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Prodi Pendidikan Matematika

Referensi

Hadi, S.2005. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Jamil, S. 2009. 101 Games Cerdas & Kreatif. Jakarta: Penebar plus

Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Orton, A.. 2004. Learning mathematics (3rd ed). Issues, theory, and classroom practice. London, New York: British library

Presiden 2007. Peraturan Pemerintah RI Nomor 41, Tahun 2007, tentang Standar Proses.

Presiden 2006. Peraturan Pemerintah RI Nomor 22, Tahun 2006, tentang Standar Isi.

Presiden 2006. Peraturan Pemerintah RI Nomor 23, Tahun 2006, tentang Standar Kompetensi Lulusan

Riduwan. 2008. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Shuterland, R. 2007. Teaching for learning mathematics. New Yorrk: British library

Sudijono, A. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Supatmono, C. 2009. Matematika asyik. Grasindo

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: konsep, landasan dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana perdana media group

Usman, U. & L. Setiawati. 2001. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Diterbitkan
2018-07-02
Bagian
Research
Abstrak viewed = 604 times
PDF downloaded = 1190 times