Penggunaan permainan puzzle pada materi bangun datar di kelas VII SMP Negeri 12 Yogyakarta
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanĀ bagaimana aktivitas siswa dalam penerapan media permainanĀ puzzle pada materi bangun datar di kelas VII SMP Negeri 12 Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini bertujuan juga untuk mengetahui hasil belajar serta respon siswa dengan penerapan media tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 12 Yogyakarta dengan jumlah siswa 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, observasi, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media permainan puzzle pada materi bangun datar dapat dikatakan berhasil dengan baik, karena menghasilkan pengaruh positif bagi siswa. Hasil belajar siswa dengan media permainan puzzle memberikan peningkatan dilihat dari tingkat ketuntasannya. Selain itu respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan permainan puzzle menunjukkan kualifikasi respon sangat kuat, artinya siswa merasa senang dan antusias dalam menerapkan permainan tersebut.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Jamil, S. 2009. 101 Games Cerdas & Kreatif. Jakarta: Penebar plus
Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Orton, A.. 2004. Learning mathematics (3rd ed). Issues, theory, and classroom practice. London, New York: British library
Presiden 2007. Peraturan Pemerintah RI Nomor 41, Tahun 2007, tentang Standar Proses.
Presiden 2006. Peraturan Pemerintah RI Nomor 22, Tahun 2006, tentang Standar Isi.
Presiden 2006. Peraturan Pemerintah RI Nomor 23, Tahun 2006, tentang Standar Kompetensi Lulusan
Riduwan. 2008. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
Shuterland, R. 2007. Teaching for learning mathematics. New Yorrk: British library
Sudijono, A. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Supatmono, C. 2009. Matematika asyik. Grasindo
Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif: konsep, landasan dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana perdana media group
Usman, U. & L. Setiawati. 2001. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya