Persepsi mahasiswa PGSD dalam pembelajaran mata kuliah Pendidikan Karakter melalui jurnal belajar

  • Rifda Mardian Arif
  • Yudha Adrian
  • Rahidatul Laila Agustina
Keywords: Persepsi,, Pendidikan Karakter,, Jurnal Belajar

Abstract

Tujuan peĀ­nelitian ini adalah untuk mengaji pengetahuan, persepsi dan persepsi mahasiswa dalam mata kuliah pendidikan karakter melalui jurnal belajar yang ditulis oleh setiap mahasiswa PGSD di setiap akhir perkuliahan. Jurnal belajar yang ditulis oleh mahasiswa PGSD berisikan deskripsi mengenai kemenarikan dan kendala atau hal-hal apa saja yang tidak dipahami dalam materi yang disampaikan di setiap perkuliahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti dalam penelitian ini bertindak sebagai pengumpul data. Status kehadirannya adalah sebagai pengamat terhadap informan atau pengamat penuh. Dengan kata lain, instrumen kunci adalah peneliti itu sendiri.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa jurnal belajar dimanfaatkan sebagai alat bantu untuk mengetahui persepsi mahasiswa terkait materi yang telah diajarkan. Persepsi tersebut bermacam-macam tergantung pendapat dari responden tersebut. Pada dasarnya jurnal belajar memaparkan pemahaman responden terhadap materi yang masih membekas dalam ingatannya. Selain itu, jurnal belajar dapat digunakan untuk mengamati perkembangan kemampuan responden dalam menangkap materi yang diajarkan. Hasil belajar yang terlaksana pada setiap pertemuan dapat dilihat oleh dosen pengampu mata kuliah.

Published
2017-12-04
How to Cite
Arif, R. M., Adrian, Y., & Agustina, R. L. (2017). Persepsi mahasiswa PGSD dalam pembelajaran mata kuliah Pendidikan Karakter melalui jurnal belajar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2). https://doi.org/10.33654/jpl.v12i2.380
Section
Articles
Abstract viewed = 403 times
PDF downloaded = 340 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>