Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Model Connected Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan bahan ajar IPA Terpadu model connected yang teruji efektivitasnya. Bahan ajar dikemas dalam bentuk bahan ajar cetak model connected dan disusun berdasarkan karakteristik siswa. Bahan ajar dikembangkan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMP. Peneliti mengembangkan bahan ajar menggunakan model penelitian dan pengembangan modifikasi Borg and Gall (2003). Adapun tahapan yang dilalui terdiri dari 6 langkah, yakni: 1) studi pendahuluan; 2) perencanaan; 3) pengembangan; 4) validasi; 5) uji coba; 6) produk akhir. Hasil validasi bahan ajar dari ahli materi dan pengembangan menunjukkan bahwa bahan ajar sudah valid dan penilaian dari dua guru IPA menunjukkan bahwa bahan ajar secara umum sudah baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil analisis keterbacaan dan ketertarikan bahan ajar oleh 6 orang siswa kelas IX diperoleh hasil bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat mudah terbaca dan sangat menarik bagi siswa. Hasil tes prestasi belajar setelah perlakuan menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Nilai rata-rata prestasi belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata prestasi belajar kelas kontrol. Berdasarkan paparan data tersebut, bahan ajar IPA model connected layak digunakan karena telah dikategorikan sangat valid, efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, serta praktis digunakan dalam proses pembelajaran IPA pada siswa SMP kota Malang.