Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Kedua dan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas I MIN Rumpiang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran examples non examples berbantuan media gambar dalam meningkatkan kemampuan bahasa kedua dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I MIN Rumpiang Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I MIN Rumpiang pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa 17orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase.
Hasil penelitian ini diperoleh: (1) Penggunaan model pembelajaran examples non examples berbantuan media gambar dapat meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa, pada siklus I dengan nilai rata-rata 69,70 dan ketuntasan klasikal 50 % mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 76,76 dengan ketuntasan klasikal 82,35 %. (2) Aktivitas guru dan siswa terhadap pembelajaran bahasa dengan penggunaan model pembelajaran examples non examples berbantuan media gambar juga menunjukkan peningkatan. Hal ini dapat diihat dari perolehan nilai aktivitas belajar siswa, pada siklus I dengan rata-rata 58,75 dalam kategori kurang aktif mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 82,5 dalam kategori aktif. Begitupun dengan aktivitas guru yang dilihat dari hasil observasi pada siklus I dengan persentase 56,6 % dalam kategori cukup meningkat pada siklus II dengan persentase 76,6% dalam kategori baik. (3) Hasil respon siswa terhadap pembelajaran yang disajikan guru dari hasil angket yang dijawab siswa menunjukkan bahwa siswa menyenangi dan sangat termotivasi terhadap model pembelajaran examples non examples berbantuan media gambardalam pembelajaran bahasa